Hukum & Kriminal

Ini Lima Polsek di Polres Gresik yang Tak Bisa Melakukan Penyidikan

Gresik (beritajatim.com) – Imbas adanya Surat Keputusan Kapolri Nomor: Kep/613/III/2021 tentang Penunjukan Kepolisian Sektor Hanya Untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Pada Daerah Tertentu (Tidak Melakukan Penyidikan), per 23 Maret 2021 yang ditandatangani langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, sebanyak lima Kepolisian Sektor (Polsek) di Gresik tidak bisa melakukan penyidikan.

Sehingga, polsek tersebut hanya bertugas untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat daerah tertentu.

Keputusan Kapolri itu, untuk memperhatikan soal program prioritas Comamnder Wish pada 28 Januari 2021 lalu. Hal tersebut untuk mendorong prioritas di bidang transformasi. Diantaranya program penataan kelembagaan, kegiatan penguatan polsek dan polres sebagai lini terdepan pelayanan Polri.

Program tersebut, juga untuk mengubah kewenangan Polsek hanya untuk pemeliharaan Kamtibmas pada daerah tertentu tidak melakukan penyidikan.

Berdasarkan data Mabes Polri, ada 1.062 Polsek di seluruh Indonesia tidak bisa melakukan proses penyidikan. Sedangkan di wilayah hukum Polres Gresik, ada lima polsek diantaranya Polsek Benjeng, Polsek Balongpanggang, Polsek Tambak, Polsek Sangkapura Pulau Bawean, dan Polsek Kawasan Pelabuhan Gresik.

Menanggapi hal ini, Kapolres Gresik, AKBP Arief Fitrianto mengatakan, kesiapannya agar maksimal dalam melayani masyarakat. “Kami siap melaksanakan. Tapi, akan terus melakukan analisa dan evaluasi secara berkala,” pungkasnya. [dny/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar