Hukum & Kriminal

Ini Harapan Kapolres Pamekasan tentang Tanam Seribu Pohon

Pamekasan (beritajatim.com) – Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari berharap kegiatan tanam seribu pohon dalam rangka ‘Polri Peduli Penghijauan’ dapat menjadi contoh bagi masyarakat agar selalu peduli terhadap alam dan lingkungan.

Hal itu disampaikan di sela kegiatan Tanam Seribu Pohon di Kompleks Asrama Polres Pamekasan, Jl Raya Nyalaran, Jum’at (10/1/2020). “Giat ini merupakan upaya melaksanakan perintah Kapolri guna mewujudkan lingkungan yang hijau, sekaligus mencegah terjadinya berbagai bencana alam,” kata Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari.

“Penghijauan lingkungan ini bertujuan sebagai upaya untuk memberikan masa depan yang baik bagi generasi muda. Karena yang kita miliki ini tidak boleh dianggap sebagai warisan nenek moyang, tetapi sebagai sesuatu yang kita pinjam milik generasi yang akan datang,” ungkapnya.

Selain itu pihaknya menilai saat ini dibutuhkan reboisasi akibat kondisi alam yang sangat memprihatinkan. “Prinsipnya gimana kita ingin hidup nyaman jika sebagian kondisi lingkungan kita sudah rusak dan tidak berfungsi secara optimal, karena hutan yang rusak tidak dapat lagi berfungsi sebagai pengatur tata air bagi kehidupan kita,” imbuhnya.

“Jadi dari seribu pohon yang kita tanam ini terdiri dari berbagai jenis buah-buahan, seperti jeruk, kelengkeng, mangga dan lainnya. Tidak hanya itu, yang kita tanam juga ada pohon jati hingga pohon mahoni,” jelasnya.

Dari itu pihaknya berharap agar kegiatan tersebut dapat ditiru masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dengan menanam pohon di sekitar rumah, sekaligus sebagai upaya menjaga pola hidup sehat dengan adanya sirkulasi udara yang lebih segar dan bermanfaat.

Kedepan kami akan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup, dan perusahaan lain untuk bisa melakukan penanaman pohon seperti in,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, penanaman pohon dibuka secara simbolis oleh Kapolres Pamekasan bersama Ny Djoko Lestari beserta pejabat utama hingga polsek jajaran. Termasuk juga siswa-siswa TK Bhayangkara yang berpartisipasi pada giat yang digelar serentak di seluruh Indonesia. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar