Hukum & Kriminal

OTT KPK

Ini 8 Nama Terkait Penangkapan Komisioner KPU

Gedung KPK: Foto/dokumen

Jakarta (beritajatim.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan terkait dugaan suap dalam penetapan Anggota DPR-RI Terpilih 2019-2024.

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar mengatakan, dalam kegiatan tangkap tangan ini, KPK mengamankan 8 orang pada Rabu-Kamis, 8-9 Januari 2020  di Jakarta, Depok, dan Banyumas.

Mereka adalah WSE (Wahyu Setiawan) Komisioner Komisi Pemilihan Umum, ATF (Agustiani Tio Fridelina) Mantan Anggota Badan Pengawas Pemilu orang kepercayaan WSE, SAE (Saeful) swasta, DNI (Doni) advokat, RTO (Rahmat Tonidaya) asisten WSE, IDA (Ika Indayani) keluarga WSE,  WBU (Wahyu Budiyani) keluarga WSE, dan I (Ilham) sopir SAE.

Lili menambahkan, adapun kronologis Tangkap Tangan KPK menerima informasi adanya transaksi dugaan permintaan uang oleh WSE pada ATF kemarin, Rabu, 8 Januari 2020. KPK kemudian mengamankan WSE dan RTO di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 12.55 WIB.

“Secara paralel, tim terpisah KPK mengamankan ATF di rumah pribadinya di Depok pada pukul 13.14 WIB. Dari ATF, tim mengamankan uang setara dengan sekitar Rp 400 juta dalam bentuk mata uang SGD dan buku rekening yang diduga terkait perkara,” ujar Lili.

Sementara Tim lain mengamankan SAE, DON, dan I di sebuah restoran di Jalan Sabang, Jakarta Pusat pukul 13.26 WIB. Terakhir, KPK mengamankan IDA dan WBU di rumah pribadinya di Banyumas.

“Delapan orang tersebut dibawa ke Gedung Merah Putih KPK untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Lili. (hen/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar