Hukum & Kriminal

Industri Tumbuh di Tuban, Kepala BNN Ajak Waspadai Peredaran Narkoba

Tuban (beritajatim.com) – Kepada Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia Komjen Pol Heru Winarko melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tuban untuk melihat keberadaan kantor BNNK Tuban di Jl Ronggolawe, Senin (23/12/2019).

Dalam kunjungannya, Kepala BNN didampingi oleh Kepala Badan Narkotika Provinsi (BNP) Jawa Timur. Kedatangan mereka disambut Kepala BNNK Tuban bersama jajaran Forkopimda. Kunjungan ini dilakukan untuk meninjau kantor BNNK Tuban yang notabene terbaru di Jawa Timur.

Usai mendengarkan paparan dari Kepada BNNK Tuban, Komjen Heru Winarko langsung berkeliling meninjau lokasi serta melihat klinik rawat untuk rehabilitasi para pengguna narkoba.

“Kami sampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Tuban dalam mendukung operasional BNNK Tuban. Sinergitas antar instansi dapat terus ditingkatkan untuk menjaga kabupaten Tuban dari ancaman narkoba,” terang Komjen Pol Heru Winarko.

Kepala BNN menyatakan, dengan akan hadir kilang Tuban dan pembangunan kawasan industri, harus mendapat perhatian khususnya soal pencegahan narkoba. Pasalnya kehadiran industri mampu menciptakan kultur yang berbeda dari masyarakat sebelumnya. Nah, hal itu sedikit banyak akan mengubah gaya hidup masyarakat Tuban.

“Kita harus menjaga masyarakat dan generasi muda Kabupaten Tuban dari kebiasaan buruk, seperti obat-obatan terlarang dan narkoba,” tambahnya.

Heru Winarko juga menjelaskan angka penyalahgunaan narkoba di Jawa Timur cukup tinggi, yakni mencapai 2,1 persen dan itu lebih tinggi dari angka nasional yang hanya 1,8 persen. Di kabupaten Tuban sendiri penyalahgunaan narkoba didominasi peredaran pil karnopen yang saat ini sudah masuk golongan I sehingga bisa diproses.

“Langkah ini mampu menekan pengguna karnopen di masyarakat, termasuk di Tuban. Pengguna narkoba bukan kriminal, tapi harus direhabilitasi. Berbeda dengan pengedar dan bandar, akan ditindak pidana,” tegasnya.

Selain melakukan kunjungan di kantor BNNK Tuban, Kepala BNN kemudian meninjau lokasi atau lahan yang akan digunakan membangun kantor BNNK Tuban yang baru. Rencananya, kantor baru itu berada di Jl Dr Wahidin Sudirohusodo, Kota Tuban. [mut/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar