Hukum & Kriminal

Ilegal, Puluhan Senapan Rakitan Diamankan Polda Jatim

Lumajang (beritajatim.com) – Puluhan pucuk senjara rakitan illegal diamankan tim Gabungan Polda Jatim dan Polres Lumajang dari Toko 88 milik AH (550 warga di Jl. Mayor Kamari Sampurno. Barang bukti langsung dibawa ke Mapolres Lumajang untuk penyidikan lebih lanjut.

“Kita amankan senapan ilegal yang dilarang produksi,” kata Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawann, Sabtu (7/12/2019).

Menurut dia, jenis senapan air gun yang diproduksi warga Lumajang tidak berizin alias illegal. Kemudian diketahui dijualbelikan dan rawan disalahgunakan. “Pelaku menjual ke pembeli di 18 provinsi tanpa memiliki izin edar. Karena memang dilarang,” paparnya.

Ada 80 pucuk senjata yang diamankan. Rinciannya, senapan air gun 40 pucuk, senapan untuk berburu 20 pucuk dan air gun lomba 20 pucuk. Dalam melakukan produksi dan penjualan, pelaku dibantu 3 karyawanya. Tiga karyawan tersebut saat ini diperiksa sebagai saksi.

Tersangka dijerat Pasal 106 UU nomor 7 tentang perdagangan ilegal dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. Kemudian diancam dengan pasal 1 atau pasal 2 UU Darurat nomor 12 tahun 1951 dengan ancaman setinggi-tingginya 20 tahun penjara.”Kita terapkan pasal berlapis dan dia wajub bertanggugjawab,” pungkas Luki. [har/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar