Hukum & Kriminal

Ibu Sodorkan Palu, Anak Pilih Linggis untuk Bunuh Ayah

Jember (beritajatim.com) – Busani (47) menyodorkan sebuah palu kepada anaknya, BM (26), yang baru datang dari Bali. Mereka berencana menghabisi nyawa Surono (51), ayah kandung BM. BM menolak dan mencari perkakas lainnya. Ia menemukan linggis untuk membunuh sang ayah.

Ini bagian dari rekonstruksi pembunuhan terhadap Surono, di Dusun Juroju, Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (20/11/2019). Rekonstruksi tak dihadiri BM yang masih menyangkal membunuh sang ayah, karena beralibi berada di Bali saat kejadian berlangsung.

“Ada 37 adegan dalam rekonstruksi ini dan adegan pembunuhan ada pada adegan 14 dan 15,” kata Kepala Kepolisian Resor Jember Ajun Komisaris Besar Alfian Nurrizal.

Rekonstruksi ini disaksikan ratusan orang warga. Dari rekonstruksi ini diketahui jika Busani tak tahu bagaimana sang anak membunuh Surono. Saat itu Busani pergi ke sungai dan baru kembali saat sang suami mati dengan berlumur darah.

BM meminta Busani mengepel genangan darah di lantai. BM lalu mandi di sungai dan membuang celana panjangnya. Ia sempat sungkem dan meminta maaf kepada Busani karena telah membunuh sang ayah. BM juga mengambil uang Rp 6 juta dari tas Surono.

Setelah mengubur Surono di bagian belakang rumah, BM mengantarkan Busani ke rumah kerabat. Ia kemudian berangkat ke Bali dengan mengendarai sepeda motor sang ayah. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar