Hukum & Kriminal

HUT Ke-75 RI, 145 Napi Rutan Kelas IIB Ponorogo dapat Remisi

Perwakilan napi secara simbolis mendapatkan remisi. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Sebanyak 142 orang dari 297 narapidana di rutan kelas IIB Ponorogo mendapatkan remisi di HUT ke-75 RI. Tidak ada yang langsung bebas dalam remisi kali ini. Sebab sebagian narapidana yang langsung bebas, sudah terakumulasi dalam program asimilasi rumah pada bulan April lalu.

“Jadi kemarin itu sudah kita integrasikan keseluruhan untuk asimilasi rumahnya, kali ini tidak ada narapidana yang langsung bebas,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Ponorogo Arya Galung, Senin (17/8/2020).

Ada dua jenis remisi yang diumumkan pada tanggal 17 Agustus 2020 ini. Yakni remisi umum dan remisi khusus. Remisi khusus ini, kata Arya panggilan akrab Arya Galung terkait dengan PP No. 99 tahun 2012. “Rinciannya untuk remisi umum sebanyak 117 orang dan 25 orang untuk remisi khusus,” katanya.

Besaran remisi, kata Arya bervariasi. Mulai dari 4 bulan, 3 bulan, 2 bulan dan 1 bulan. Dari 142 narapidana yang mendapatkan remisi, kebanyakan yang terjerat kasus umum, seperti kasus lakalantas dan pencurian. “Kebanyakan kasus umum, ya seperti kasus lakalantas dan pencurian,” pungkasnya. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar