Hukum & Kriminal

Hindari Kerumunan, Satlantas Gresik Launching Aplikasi Samsat Rame

Gresik (beritajatim.com) – Guna menghindari kerumunan massa di tengah pandemi Covid-19, Satlantas Polres Gresik melaunching aplikasi ‘Samsat Ramah Merakyat’ atau Samsat Rame.

Aplikasi tersebut bisa di-download masyarakat saat hendak membayar pajak tahunan, cek fisik kendaraan maupun mengecek jumlah pembayaran pajak.

Kasatlantas Polres Gresik AKP Erika Purwana Putra mengatakan, adanya keberadaan aplikasi Samsat Rame ini. Masyarakat tidak perlu datang rame-rame ke samsat apalagi masih dimasa pandemi Covid-19.

“Adanya aplikasi ini masyarakat tinggal buka men-download lalu memasukkan data sesuai indentitas. Setelah itu, petugas akan datang ke rumah memberi bukti sah administrasinya,” katanya, Selasa (14/07/2020).

Masih menurut Erika, aplikasi ini juga dilengkapi beberapa fitur seperti video tutorial dan layanan lokasi jadwal samsat keliling.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto menuturkan, dirinya selalu menekankan agar semua jajarannya selalu melakukan inovasi. Sebab, kalau tidak bakal mati apalagi dunia terus berubah dan banyak tantangan.

“Kita harus siap menyambutnya. Inovasi ini adalah salah satu cara menjawab perkembangan zaman. Kalau pakai cara kovensial kita tidak bisa bergerak lagi. Sebab, aktivitas masyarakat juga tidak kalah penting,” ujarnya.

Alumni Akpol 2000 itu juga menyatakan aplikasi Samsat Rame ini juga untuk menghindari penumpukan atau kerumunan massa di samsat ditengah pandemi Covid-19.

“Masyarakat harus memanfaatkan aplikasi itu. Jangan sampai berhenti di ceremonial saja,” katanya. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar