Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Hendak Kabur Saat Ditangkap, Spesialis Jambret di Surabaya Dihadiahi Timah Panas

Surabaya (beritajatim.com) – MR (21) warga Tambak Asri, Surabaya harus dihadiahi timah panas pada kakinya oleh anggota Unit Jatanras Satreskrim Polrestabes Surabaya usai berusaha melarikan diri dan membahayakan masyarakat saat hendak ditangkap di jalan Lasem, Sabtu (26/02/2022) sekitar pukul 04.30 WIB.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Mirzal Maulana menjelaskan, tersangka merupakan buron dari kasus penjambretan dan curanmor di jalan Banyu Urip dan Jalan Petemon.

“Usai terima laporan, kami langsung tugaskan Unit Jatanras untuk menyelidiki dan melakukan profiling. Kebetulan tersangka ini residivis sehingga datanya masih ada,” ujar Mirzal, Selasa (01/03/2022).

Dari data kepolisian, MR pernah ditahan oleh Polres Pelabuhan Tanjung Perak pada tahun 2019. Selain itu, ia juga melakukan kejahatan jambret dan curanmor di 5 tempat di Surabaya. “Tersangka mengakui dan kami punya datanya pernah menjambret di Jagir Rolag, Undaan, Asem Rowo, Banyu Urip, dan Simo Rukun,” imbuhnya.

Ditanya terkait modus operandi, Mirzal menjelaskan, tersangka selalu melakukan aksi bersama rekannya yang saat ini ditetapkan buron. Dengan mengendarai Suzuki Satria S 4363 EF, tersangka mencari mangsa di wilayah Surabaya. Ketika menemukan mangsa empuk, tersangka langsung mengambil barang berharga yang dimiliki oleh korban. “Menarik tas dan mengambil motor korban dan dijual ke penadah,” tegas Mirzal.

Dari pengakuan tersangka, hasil kejahatan digunakan untuk menghidupi kebutuhan hidup karena tersangka tidak bekerja. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 365 KUHP dan 363 KUHP dengan ancaman pidana maksimal pidana 9 tahun penjara. (ang/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar