Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Hari Raya Waisak, 1 Napi Lapas Lamongan yang Beragama Budha Dapat Remisi Khusus

Seorang napi Lapas Lamongan yang beragama Budha dan menerima remisi khusus di Hari Raya Waisak, Senin (16/5/2022).

Lamongan (beritajatim.com) – Jika pada momen Idulfitri 1443 H kemarin Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lamongan menyerahkan remisi khusus kepada 353 narapidana, kini di momen Hari Raya Waisak 2022 hanya 1 narapidana saja yang mendapat remisi khusus.

Mewakili Plt. Kalapas Lamongan, Kasi Binadik dan Giatja Dwi Achmad S membenarkan bahwa Lapas Lamongan hanya menyerahkan 1 remisi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Hari Raya Waisak tahun ini.

“Bertepatan dengan Hari Raya waisak, Lapas Lamongan menyerahkan remisi kepada 1 orang narapidana yang beragama Budha,” ujar Dwi Achmad kepada wartawan, Senin (16/5/2022).

Ia menambahkan, pengusulan remisi ini dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku, secara transaparan, cepat dan tanpa dipungut biaya apapun.

“Remisi ini berdasarkan Permen Nomor 7 Tahun 2022 tentang syarat dan tata cara pemberian remisi dan Integrasi (Asimilasi, Cuti Bersyarat, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, Cuti Mengunjungi Keluarga) kepada Narapidana dan PP Nomor 99 Tahun 2012 tentang syarat dan tata cara pemberian hak WBP,” terangnya.

Menurut Dwi, dalam peraturan tersebut juga menyebutkan bahwa WBP yang berhak mendapat remisi yakni mereka yang telah menjalani masa pidana lebih dari 6 bulan penjara, berkelakuan baik, tidak menjalani hukuman disiplin selama 6 bulan terakhir (terhitung sebelum tanggal pemberian remisi). “Selain itu WBP tersebut juga telah mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh Lapas dan atau Rutan,” imbuhnya.

Lebih jauh, Dwi Achmad berharap, penyerahan remisi khusus kepada narapidana di Hari Raya Waisak 2022 ini dapat meningkatkan pembinaan kerohanian menjadi lebih baik lagi. “Semoga bisa meningkatkan pembinaan kerohanian menjadi semakin baik lagi, dari yang selama ini telah berjalan baik di Lapas Kelas IIB Lamongan,” harapnya.[riq/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar