Hukum & Kriminal

Hari Raya Natal, 5 Napi Rutan Kelas 2 B Ponorogo Dapat Remisi Hukuman

Ponorogo (beritajatim.com) – Hari raya Natal tahun 2019 menjadi berkah bagi 5 warga binaan (wabin) rutan kelas 2 B Ponorogo. Pasalnya pada peringatan hari raya umat kristiani ini, mereka mendapat remisi hukuman.

“Remisi natal ini hanya untuk wabin yang beragama kristen dan katolik saja,” kata Kepala Subsie Pelayanan Tahanan Taufiqul, Selasa (24/12/2019).

Taufiq sapaan akrabnya menyebut jika 5 wabin surat keputusannya sudah turun, rata-rata mendapatkan remisi 1 bulan. Kebanyakan merupakan kasus pidana narkoba dan merupakan layaran dari rutan kelas 1 Surabaya. “Rata-rata mereka mendapatkan remisi 1 bulan dan tidak ada yang langsung bebas,” katanya.

Dia mengungkapkan sebenarnya ada 11 wabin rutan kelas 2 B Ponorogo yang beragama Kristen maupun Katolik. Namun yang memenuhi syarat untuk diusulkan mendapatkan remisi hanya 5 orang tersebut. Mereka yang tidak mendapatkan remisi, ada yang belum menjalani pidana 6 bulan. Selain itu pengajuan surat justice atau surat keterangan bekerja sama dengan penegak hukum tidak dikabulkan oleh pihak kejaksaan atau penegak hukum lainnya.

“Wabin di rutan ini kan kebanyakan layaran dari rutan kelas 1 Surabaya. Nah, kejaksaan atau penegak hukum di Surabaya rata-rata menolaknya, padahal itu menjadi syarat untuk pengajuan remisi,” pungkasnya.(end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar