Hukum & Kriminal

Hari Kesepuluh Operasi Patuh Semeru 2020, Polres Gresik Bagikan 10 Ribu Lebih Masker

Gresik (beritajatim.com) – Hari Kesepuluh pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2020, Satlantas Polres membagikan 10 ribu lebih masker kepada pengguna jalan.

Pembagian masker tersebut dilakukan di sejumlah jalan utama. Diantaranya Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jalan Usman Sadar, Jalan Wahidin Sudirohusodo dan Jalan Veteran Gresik.

Kasatlantas Polres Gresik AKP Yanto Mulyanto melalui Kanit Dikyasa Ipda Yonanda menuturkan, pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2020 ini memang sedikit berbeda ditengah pandemi Covid-19. Dimana, petugas di lapangan juga melakukan teguran kepada jalan yang tidak menggunakan masker.

“Sesuai instruksi dari Kapolri dan Presiden Jokowi. Kami diminta terus-menerus secara masiv mengkampanyekan penggunaan masker selama pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2020,” ujarnya, Rabu (5/08/2020).

Masih menurut Yanto, ada tiga hal yang difokuskan dalam pelaksanaan operasi saat ini. Pertama, teguran pada pengguna jalan yang tak memakai masker. Kedua, sosialisasi kepada pengguna jalan untuk tetap menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Selanjutnya ketiga, mengkedepankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

Kendati demikian kata Yanto, bukan berarti tidak ada penegakan hukum seperti penilangan. Penindakan tetap dilakukan oleh anggota di lapangan secara mobile tentunya diutamakan terhadap potensi pelanggaran.

“Ada beberapa potensi pengguna jalan yang kami tindak. Misalnya, tidak mengenakan helm serta tak melengkapi surat-surat kendaraan, melawan arus, tak mengenakan safety belt bagi pengendara roda empat, serta berkendara dibawah pengaruh alkohol,” ujarnya.

Yanto mencontohkan, petugas tak segan-segan menindak pengguna jalan yang melanggar. Untuk itu, dirinya menghimbau kepada masyarakat bisa menerapkan, dan menjaga diri ketika berlalu-lintas agar terhindar dari kecelakaan fatal. “Kami juga berharap masyarakat tetap melakukan protokol kesehatan meski sudah memasuki tatanan new normal ditengah masih adanya pandemi Covid-19,” tandasnya. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar