Hukum & Kriminal

Gencarkan Patroli, Polres Tuban Tindak Tegas Pelaku Balap Liar

Tuban (beritajatim.com) – Sebagai bentuk pencegahan terkait seringnya aksi balap liar yang dilakukan sejumlah kelompok pemuda, Petugas Kepolisian dari jajaran Polres Tuban mulai gencar melakukan kegiatan patroli di beberapa titik ruas jalan yang memang kerap menjadi tempat balapan liar, Minggu (18/4/2021).

Kegiatan patroli dengan melibatkan puluhan personil tersebut dilakukan setiap sore hari menjalang berbuka puasa dan juga menjelang waktu sahur. Dalam patroli itu petugas langsung membubarkan para kelompok pemuda yang sedang bergerombol di pinggir-pinggir jalan yang biasa digunakan tempat balap liar.

Sejumlah titik ruas jalan yang menjadi sasaran untuk pelaksanaan patroli gabungan itu mulai dari sepanjang jalur Ring Road atau jalur Lingkar Selatan, Tuban. Kemudian titik lainnya yang memang kerap menjadi tempat balap liar adalah jalan Soekarno-Hatta, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

“Kita antisipasi adanya balapan liar, karena adanya keluhan masyarakat terkait balap liar ini. Selain bisa membahayakan diri sendiri juga bisa membahayakan keselamatan pengguna jalan lainnya,” terang AKP Chakim Amrullah, Kasat Sabhara Polres Tuban yang memimpin kegiatan patroli itu.

Ketika melakukan patroli di jalan Ring Road dan juga jalan Soekarno-Hatta itu, petugas membubarkan sejumlah kelompok pemuda yang sedang berkumpul. Selain, petugas juga melakukan pembinaan terhadap mereka yang kedatangan tidak menerapkan protokol kesehatan.

“Ada beberapa kelompok muda-mudi yang sedang bergerombol kita bubarkan dan kita himbau untuk kembali kerumah masing-masing. Kita berikan juga sanksi sosial berupa pushup bagi yang tidak menerapkan protokol kesehatan,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono menyatakan pihaknya akan terus melakukan kegiatan patroli untuk mencegah dan juga antisipasi terjadinya balap liar di jalan umum itu. Selain itu juga mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas serta mencegah kemungkinan terjadinya tindakan kriminalitas.

“Biasanya aksi balap liar ini kerap dilakukan para pemuda di beberapa tempat saat bulan Ramadhan khususnya waktu menjelang buka puasa dan setelah sahur. Kita akan laksanakan Patroli pada jam-jam tersebut,” terang AKBP Ruruh Wicaksono.

Selain pelaksanaan patroli di wilayah kota, Kapolres Tuban juga meminta kepada masing-masing Kapolsek yang ada di wilayah Kabupaten Tuban itu untuk melakukan patroli di jalan-jalan yang rawan menjadi tempat balap liar. Pihak kepolisian akan menindak tegas jika sampai terjadi adanya balap liar di raya yang bisa mengganggu pengguna jalan.

“Polres Tuban akan menindak secara tegas bila masih ditemukan adanya balap liar, termasuk di wilayah olsek jajaran. Saya juga sudah perintahkan kepada Kapolsek jajaran yang wilayahnya sering dijadikan tempat balap liar untuk melakukan kegiatan yang sama,” tegasnya.[mut/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar