Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Geledah Tiga Lokasi di Probolinggo, KPK Amankan Sejumlah Bukti

Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya Hasan Aminuddin yang ditangkap oleh KPK, beberapa waktu lalu.

Jakarta (beritajatim.com)  – Tim penyidik KPK melakukan penggeledahan secara berturut-turut pada Jumat (24/9/2021) dan Sabtu (25/9/2021).  Beberapa lokasi terkait penyidikan dugaan korupsi seleksi jabatan di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, pada Jumat penyidik melakukan penggeledahan di Kantor Dinas Penanaman Modal dan PTSP (Mal Pelayanan Publik) Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Sementara pada Sabtu (25/9/2021) yang berlokasi di 2 tempat yaitu rumah kediaman dari pihak yang terkait dengan perkara ini, beralamat di Kalirejo Dringu Kabupaten Probolinggo dan di Semampir Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Namun Ali tidak menjelaskan identitas pihak terkait yang kediamannya digedah.

“Dari 3 lokasi tersebut, ditemukan dan diamankan bukti diantaranya berbagai dokumen yang terkait dengan perkara,” ujar Ali, Senin (27/9/2021).

Menurut Ali, selanjutnya bukti tersebut akan di cocokkan mengenai keterkaitan bukti-bukti dimaksud dengan perkara ini dan kemudian dilakukan penyitaan untuk melengkapi berkas perkara tersangka Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari (PTS).

Dalam kasus tersebut, hari ini penyidik juga memeriksa beberapa saksi. Mereka adalah Pj. Kepala Desa Jambangan Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo Sri Sukarsih, Pj. Kepala Desa Pakel Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo, Hendrik Wiyoko, Pj. Kepala Desa Kedungsupit Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo, Mohamad Yunus, Pj. Kepala Desa Sebaung Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo Sutik Mediantoro, dan Pj. Kepala Desa Sukodadi Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo Yono Wiyanto.

“Pemeriksaan dilakukan di Kantor Polresta Probolinggo,” ujar Ali.

Seperti diketahui, dalam kasus ini KPK menetapkan 22 tersangka sekaligus dalam kasus dugaan korupsi terkait seleksi jabatan dilingkungan Pemerintah Kabupaten  Probolinggo tahun 2021.

Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya Hasan Aminuddin yang juga anggota DPR bersama DK (Doddy Kurniawan) dan MR (Muhamad Ridwan) menjadi tersangka penerima suap.

Adapun tersangka pemberi yang merupakan ASN Pemerintah Kabupaten Probolinggo adalah SO (Sumarto) AW (Ali Wafa), MW (Mawardi), MU (Mashudi), MI (Maliha), MB (Mohammad Bambang),  MH (Masruhen), AW (Abdul Wafi),  KO (Kho’im), AS (Ahkmad Saifullah),  JL (Jaelani), UR (Uhar), NH (Nurul Hadi), NUH (Nuruh Huda), HS (Hasan),  SR (Sahir), SO (Sugito), dan SD (Samsuddin). Kini mereka sudah ditahap di berbagai rumah tahanan di Jakarta. (hen/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar