Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Gelar Rakor, Timpora Kediri Sambut Tantangan Hadirnya Bandara

Kediri (beritajatim.com) – Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kediri kembali menggelar rapat Tim Pengawas Orang Asing (Timpora) di Grand Panglima Resto, Kota Kediri, Selasa (19/3/2019). Sebanyak 30 orang anggota Timpora tingkat kecamatan di Kota Kediri mengikuti kegiatan ini.

Rapat diawali dengan pembahasan materi oleh Kasubid Penindakan Keimigrasian Kemenkumham Kanwil Jawa Timur Farid M’ruf dan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri. Dalam pertemuan rutin ini, anggota Timpora dari unsur kepolisian, TNI, kejaksaan, pengadilan dan pihak kecamatan saling bertukar informasi dan menjalin komunikasi demi peningkatan pengawasan terhadap orang asing.

Pembahasan juga mengenai isu terkini yakni, E-KTP bagi Warga Negara Asing (WNA). Bahwa, memang sesuai aturan hal tersebut diperbolehkan dengan memenuhi beberapa persyaratan.

Rapat Timpora ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antar anggota dalam mewujudkan peningkatan ketertiban dan stabilitas keamanan di daerah. Pertukaran informasi dan inventarisasi permasalahan yang terjadi,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kediri, Raka Sukma Purnama.

Penguatan sinergitas anggota melalui rapat, menurut Raka sangatlah penting. Terlebih, karena sebentar lagi Kediri bakal memiliki Bandar Udara. Sehingga, lalu lintas masyarakat di Kediri, khususnya WNA semakin tinggi. Timpora harus mempersiapkan diri dalam rangka pengawasan terhadap WNA yang masuk.

“Adanya bandara dan menjadi bandara Internasional, mau tidak mau akan menambah banyak warga negara baik warga Indinesia maupun warga asing yang berlalu lintas di Kediri. Itu menjadi tugas kita bersama dalam melakukan pengawasan,” imbuh Raka.

Pihaknya ikut mendoakan agar proses pembangunan Bandar Udara di Kediri bisa berjalan lancar. Bisa menjadi bandara kelas Internasional. Sehingga, kedepan banyak yang akan berkembang di Kediri. Hal tersebut, menurutnya, menjadi tantangan tersendiri bagi Kantor Imigrasi, khususnya Timpora.

Raka juga berharap, peningkatan status Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kediri segera terwujud. Dengan penaikan level, tentunya akan diiringi dengan peningkatan kinerja yang semakin baik, serta penambahan SDM. Sehingga, ke depan sudah tidak ada lagi wilayah yang sulit dijangkau oleh Kantor Imigrasi Kediri karena kekurangan petugas. [nng/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar