Hukum & Kriminal

Gelar Operasi Yustisi, 14 Orang di Gresik Melanggar Prokes

Gresik (beritajatim.com) – Masih tingginya kasus Covid-19 di wilayah Gresik membuat aparat gabungan yang terdiri dari TNI, Polri dan Dinas Satpol PP semakin gencar menggelar Operasi Yustisi. Dari hasil operasi tersebut, ada 14 orang melanggar protokol kesehatan (Prokes) saat menjalankan aktivitas.

Operasi Yustisi yang digelar di Jalan Gubernur Suryo Gresik itu, sempat membuat masyarakat yang melintas di jalan tersebut kaget. Pasalnya, banyak aparat gabungan menghentikan masyarakat yang abai menjalankan prokes.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto melalui perwira pengendali lapangan (Padal) Ipda Yonandha Adi Yuliansyah mengatakan, operasi kali ini mengkedepankan penegakan hukum terhadap pelanggar protokol kesehatan guna memberi efek jera terhadap masyarakat yang tidak disiplin.

“Sesuai petunjuk pelaksanaan Operasi Yustisi dilaksanakan setiap hari. Bertujuan mendisiplinkan masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19,” katanya, Senin (11/01/2021).

Pelaksanaan Operasi Yustisi tersebut dilakukan dengan cara memeriksa terhadap pengendara yang tidak menggunakan masker berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan.

“Dari hal-hasil Operasi Yustisi ada 14 orang pelanggar protokol kesehatan yang tidak memakai masker. Selanjutnya, mereka diberi teguran lisan, kerja sosial, sanksi fisik hingga sanksi administrasi supaya bisa memberi efek jera dan tidak mengulangi lagi perbuatannya,” ujar Yonandha.

Sementara itu, berdasarkan data Satgas Covid-19 yang terbaru. Ada 25 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan tambahan itu, maka total yang terpapar positif ada 4.365 orang. Sementara yang telah sembuh 3.911 orang. [dny/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar