Hukum & Kriminal

Gapura Cinta Indonesia Jadi Penanda Polsek Kalipare Malang

Gapura Polsek Kalipare untuk meningkatkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, Kamis (22/8/2019) malam. [Foto: Brama Yoga/beritajatim]

Malang (beritajatim.com) – Memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-74, Polsek Kalipare Polres Malang turut memeriahkan Lomba Gapura Kemerdekaan antar Polsek se-Polda Jatim. Selain bernuansa merah putih, Gapura di pintu masuk Polsek Kalipare juga dihias dengan kain dan banner bercorak batu-bata.

Kapolsek Kalipare AKP Yusuf Suryadi, Kamis (22/8/2019) menegaskan, pembuatan Gapura sebagai bentuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI. “Gapura kami bernuansa merah putih. Kita buat persis di depan pintu masuk Mapolsek Kalipare,” ungkapnya.

Polsek Kalipare sendiri berada di sisi selatan Kabupaten Malang. Kalipare, berbatasan langsung dengan Kabupaten Blitar dan Bendungan Sutami Karangkates. Sebagian besar wilayah Kalipare masih berupa hutan, lahan bercocok tanam serta perbukitan.

“Gapura adalah satu kearifan lokal sejak jaman dahulu. Biasanya saat membuat Gapura, masyarakat gotong royong sukarela menghias beramai-ramai. Hal ini yang juga kita lakukan. Kita buat Gapura bersama anggota, namanya Gapura Cinta,” ujarnya.

AKP Yusuf melanjutkan, nuansa Kemerdekaan Republik Indonesia dalam pembuatan Gapura, sebagai wujud menyampaikan pesan moral dalam mengisi kemerdekaan. Sekaligus mengenang jasa pahlawan kemerdekaan yang telah gugur. “Pemasangan Gapura cantik peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74 juga dilakukan di seluruh jajaran Polsek se Polres Malang,” tegasnya.

Dia mengungkapkan, melalui wujud Gapura Cinta ini, pihaknya mengajak seluruh masyarakat Kalipare menumbuhkan semangat persatuan dan sikap nasionalis. “Didirikannya Gapura Cinta Indonesia Polsek Kalipare Polres Malang ini, untuk meningkatkan nilai-nilai persatuan kesatuan, meningkatkan nilai nasionalis, membangkitkan partisipasi masyarakat, dan menumbuhkan kreatifitas serta inovasi,” pungkas Yusuf. [yog/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar