Hukum & Kriminal

Galian C di Desa Jatirembe Benjeng Tak Miliki Izin

Gresik (beritajatim.com)- Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur melalui Kepala Bidang (Kabid) Pertambangan Agung Subagyo menegaskan, galian C yang berada di Desa Jatirembe, Kecamatan Benjeng, Gresik, tidak memiliki izin, dan dianggap ilegal.

“Kalaupun izinnya diurus pasti tidak akan keluar. Sebab, di area tersebut peruntukkanya bukan untuk pertambangan melainkan area persawahan,” ujarnya kepada wartawan, Senin (2/09/2019).

Masih menurut Agung, sebelumnya terkait dengan galian C tersebut. Anggotanya yang turun langsung ke lapangan hanya diajak rapat di Kantor Dinas Satpol PP Gresik. Pasalnya, instansi tersebut yang berhak melakukan kewenangan menindak.

“Berdasarkan data yang kami miliki. Yang mempunyai izin operasi pertambangan operasi produksi di Kabupaten Gresik hanya 13 tambang dan bukan termasuk yang di Desa Jatirembe, Kecamatan Benjeng,” paparnya.

Keberadaan galian C di Desa Jatirembe, Kecamatan Benjeng, Gresik dianggap warga setempat sangat meresahkan. Sebab, tanah galian yang diangkut truk berjatuhan, mengotori, dan merusak jalan desa serta paving.

Menanggapi hal itu, Dinas Polisi Pamong Praja bersama Kepolisian, Dinas Lingkungan Hidup, Kecamatan Benjeng, dan Dinas Penanaman Modal (PTSP) Gresik, menggelar rapat dengan mengundang perwakilan dari Dinas Perizinan Provinsi Jatim.

“Setelah kita menggelar rapat koordinasi kemarin kita langsung menindaklanjuti laporan masyarakat. Ada dugaan tanah hasil kerukan dijual ke pihak luar. Anggota kami langsung melakukan pengecekan dan penindakan,” tutur Kepala Dinas Satpol PP Abu Hasan.

Abu Hasan menambahkan, saat tim turun ke lokasi untuk mengetahui aktivitas serta izin yang digunakan oleh pelaku usaha tersebut ada opersional penambangan.

“Disini kami hanya melakukan penindakan saja. Sebab, izin galian C kewenangan pada provinsi.

Dari pantauan di lapangan aktivitas pertambangan di galian C di Desa Jatirembe sudah berhenti. Kendati masih ada alat berat serta dumpk truk di lokasi.[dny/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar