Hukum & Kriminal

Gagal Curi Motor, Lari ke Semak, Kakinya Ditembak karena Melawan Petugas

Pelaku saat gelar perkara di Mapolsek Sukolilo, Surabaya, Selasa (30/3/2021). (Manik Priyo Prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Tiga lelaki memakai motor Honda Beat merah plat L 5784 JX, hendak mencuri motor di kawasan Kecamatan Sukolilo, Surabaya. Namun aksi mereka tak mulus dan satu dari pelaku harus tertembak kakinya karena melawan saat ditangkap.

Kanit Reskrim Polsek Sukolilo Surabaya, Iptu Abidin menjelaskan, ketiganya hendak mencuri motor Honda sport CBR 250. Namun kunci T yang dipakai untuk membobol lobang kontak motor patah. Tak hanya itu, aksi mereka juga diketahui warga dan petugas yang sedang kring patroli. Walhasil mereka pun berhamburan dan lari ke semak belantara meninggalkan motor Beat merahnya.

“Awalnya mencuri dan ketahuan, selanjutnya meraka lari terpisah dan dikejar petugas. Kita juga kerahkan petugas untuk berpencar supaya mudah mendeteksinya. Sampai akhirnya petugas menemukan satu pelaku dan saat hendak ditangkap melawan. Akhirnya kita lumpuhkan kaki kananya,” jelas Abidin saat gelar perkara, Selasa (30/3/2021).

Usai tertangkap satu pelaku, petugas masih terus melakukan penggeledahan dan penutupan jalur di lokasi dua pelaku lain. Namun sayang, keduanya masih berhasil lari atau sembunyi dan belum tertangkap sampai hari ini. Kejadian yang sudah berlalu tiga hari ini juga belum berbuah manis terhadap dua pelaku lain yang lari tersebut.

Petugas terus berusaha mencari tahu keberadaan dua pelaku lain. “Kita masih kembangkan dan semoga dua pelaku lain juga bisa kita amankan. Yang padti kita sudah beri prngamanan pintu-pintu disaat pelaku sembunyi,” lanjutnya.

Dari kejadian ini petugas memberi pasal 365 KUH Pidana dengan. Jika tidak berperan aktif dalam memberikan keterangan, pelaku yang diketahui bernama AS (18) asal Malang ini akan diberi pemberatan pasal. [man/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar