Hukum & Kriminal

Fokus di Objek Wisata dan Swalayan, Operasi Zebra di Bojonegoro Libatkan Robot

Bojonegoro (beritajatim.com) – Operasi Zebra 2020 yang dilakukan jajaran kepolisian resort (Polres) Bojonegoro tahun ini lebih fokus pada kegiatan sosialisasi tertib berlalu lintas dan penerapan disiplin protokol kesehatan untuk pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Menurut Kapolres Bojonegoro AKBP M Budi Hendrawan, operasi zebra pada kondisi pandemi Covid-19 ini ditekankan pada kegiatan yang bersifat preemtif dan prefentif. “Meskipun masih melakukan penindakan, tapi tidak ada target,” ujarnya, Sabtu (31/10/2020).

Untuk itu, lanjut Kapolres, pihaknya lebih menyasar pada titik-titik yang banyak didatangi warga, seperti di tempat-tempat perbelanjaan maupun tempat wisata. Apalagi saat ini momen libur panjang. Diharapkan setelah liburan panjang ini tidak ada penambahan jumlah pasien Covid-19.

“Fokus kita di tempat ramai untuk melakukan sosialisasi penerapan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir,” jelasnya.

Seperti yang dilakukan hari ini, operasi dilakukan dengan menggunakan robot Bobota atau Robot Bojonegoro Tangguh. Robot tersebut dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi warga yang tidak memakai masker. Jika ada warga yang tidak memakai masker maka robot tersebut akan memberi peringatan berupa perintah suara untuk segera memakai masker.

“Berbagai upaya terus di lakukan dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas),” ujar Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Bojonegoro, AKP Heru Sudjio Budi Santoso.

Sebelumnya, pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2020 dilakukan di kawasan wisata, Kayangan Api. Kasat Lantas menyampaikan bahwa tujuan sosialisasi tertib lalu lintas tersebut bisa menumbuhkan kesadaran dan kepedulian warga masyarakat khususnya di wilayah hukum Polres Bojonegoro, akan arti pentingnya keselamatan dalam berlalu-lintas.

“Kami harap para pengendara atau pengguna jalan, senantiasa tertib dalam berlalu-lintas. Jangan lupa mempersiapkan kelengkapan surat-surat seperti SIM, STNK dan kelengkapan kendaraan lainnya, serta disiplin ikuti kebijakan Pemerintah terkait Covid-19,” pungkas AKP Heru Sudjio Budi Santoso. [lus/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar