Hukum & Kriminal

Embat Kalung Emas, Pemuda di Mojokerto Cekik Tetangga Sendiri

Pelaku pencurian disertai dengan kekerasan, Budi Harianto (33) warga Dusun Tegalsari, Desa Puri, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Budi Harianto (33) warga Dusun Tegalsari, Desa/Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto berhasil diamankan. Dia merupakan pelaku pencurian dengan kekerasan. Budi mencekik dan membungkam korban yang notabene tetangganya sendiri.

Pencurian tersebut dilakukan pada Sabtu (17/8/2019) sekira pukul 23.30 WIB. Budi masuk ke rumah Siti Khuzainiyah (63) dengan memanjat dan menjebol atap rumah. Setelah berhasil masuk, pelaku melihat perhiasan yang dikenakan oleh korban.

Budi lantas menarik kalung korban yang saat itu sedang tidur. Tentu saja korban terbangun dari berteriak maling-maling. Dari situ Budi justru kalap, dia kemudian mencekik dan membungkam Siti. Kalung emas yang menghiasi leher korban ditarik sekuat tenaga oleh pelaku.

Namu apes, saat pelaku berusaha kabur, kalung dan liontin yang ada di genggaman pelaku terlepas. Budi langsung melarikan diri melalui pintu belakang. Petugas berhasil mengamankan pelaku pada Minggu (20/10/2019) sekira pukul 11.39 WIB.

Kasubbag Humas Polres Mojokerto Ipda Teguh Kariyadi mengatakan, penangkapan terhadap Budi dilakukan setelah polisi melakukan serangkaian penyelidikan dan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di rumah korban.

“Dari tangan pelaku diamankan sebuah HP yang disimpan dalam kamar mandi. Penangkapan pelaku dari hasil olah TKP, petugas menemukan bekas kaki basah yang mengarah pada rumah pelaku. Jarak rumah pelaku dengan rumah korban kurang lebih 10 meter,” ungkapnya, Selasa (22/10/2019).

Selain mengamankan pelaku, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa satu kalung emas milik korban yang sudah putus, celana pelaku dan dua sarung tangan, liontin dan satu bantal. Budi dijerat Pasal 365 KUHP tentang Pencurian disertai Kekerasan dengan ancaman hukuman maksimal di atas tiga tahun penjara.[tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar