Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Emas 7 Kg Dibawa Kabur Karyawan, Pemilik Toko Rugi Rp 6 Miliar

Surabaya (beritajatim.com) – Seorang berinisial DJ, salah satu karyawan PT IGS, diamankan petugas kepolisian. Pria kelahiran 38 tahun silam ini diketahui membawa kabur emas murni seberat 7 kilo gram (Kg) milik toko Emas Sumber Baru, Pasar Atum Surabaya.

Selain DJ (38) polisi juga memgamankan SB (34). DJ merupakan karyawan PT IGS sebagai pemurni emas dan SB sebagai penadah emas. Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo mengatakan bahwa pada 31 Agustus 2021, emas tersebut oleh pemilik toko hendak dimurnikan ke PT IGS. PT IGS pun mengutus karyawannya untuk mengambil emas itu.

Tersangka DJ yang merupakan karyawan PT IGS ditemani oleh satu orang rekannya lalu mengambil emas tersebut di Toko Emas Sumber Baru. Rekan DJ menunggu di luar toko, namun beberapa jam DJ tak kunjung datang menemui rekannya. DJ pun membawa kabur emas.

“Barang dibawa kabur, dibawa oleh pelaku ini, ada yang sudah dipotong-potong dijual di Sidoarjo kemudian ada sebagian lagi yang dibawa ke daerah Tangerang,” jelasnya.

Setelah membawa emas, DJ sempat berputar-putar di wilayah Sidoarjo untuk menjual emas yang dibawanya tersebut dengan cara memotong kecil-kecil. Setelah dipotong emas pecahan tersebut dijual kepada tersangka SB sebagai penadah di Pasar Wadung Asri Waru Sidoarjo seberat 20 gram dengan harga Rp 8.000.000.

Selain menjual kepada SB, tersangka DJ juga menjual potongan emas tersebut di Pasar Stasiun Tangerang, Banten. “Total nilai kalau kita lihat harga emas sekarang sekitar Rp 6 miliar,” terang Slamet.

Sehingga, Slamet pun menghimbau masyarakat agar berhati-hati membawa barang dengan nilai besar. Masyarakat bisa meminta bantuan kepada kepolisian jika membutuhkan bantuan keamanan. “Pihak kepolisian siap membantu setiap saat, sehingga kita bisa mengantisipasi sedini mungkin, akibat kelengahan kita terkait faktor keamanan,” tandasnya.

Polisi pun berhasil mengamankan sejumlah barang bukti yakni dari tersangka DJ sebanyak 6 batang emas utuh dengan berat masing-masing 1,43 Kg, emas berat 727,55 gram, uang tunai sebesar Rp 7.589.500, HP, buku tabunganw, ATM, rompi, grenda, tang. Sementara dari tersangka SB disita, uang tunai sebesar Rp 1.000.000, dan timbangan digital

Kedua tersangka gonlol emas ini pun oleh Polda Jatim akan dijerat Pasal 374 KUHP Sub Pasal 372 KUHP dan Pasal 480 KUHP dengan hukuman 4 tahun penjara. [uci/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar