Hukum & Kriminal

Eko Tipu Warga dengan Mengaku Gus dan Janji Bisa Berangkatkan Haji

Tersangka Eko Supriyanto saat dirilis oleh Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar dan Kasatreskrim Polres Malang, AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo. (Foto: Brama Yoga/Beritajatim.com).

Malang (beritajatim.com) – Tim Buser Satreskrim Polres Malang menangkap seorang penipu yang mengaku tokoh agama atau Gus. Pelaku atas nama Eko Supriyanto (40), warga Desa Sumberpasir, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Dia bermodal kopyah putih, sarung, dan baju taqwa dalam menjalankan aksinya.

Kepada korbannya, tersangka mengaku mempunyai nama Gus Juan Penatas berasal dari Martapura, Kalimantan Selatan. Dengan nama yang digunakan, sekitar 5 orang menjadi korban penipuan hingga mengakibatkan kerugian puluhan juta rupiah.

“Modus penipuannya, tersangka ini mengaku bisa mengobati penyakit dan mampu mempercepat keinginan korban untuk menunaikan haji lebih cepat, karena ia mengaku mempunyai teman di Kementerian Agama,” ungkap Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar, Jumat (19/2/2021) sore.

Syaratnya, korban harus memeberikan uang senilai Rp 10-20 juta rupiah.

“Salah satu korbannya ada yang meminta pertolongannya agar istrinya bisa menunaikan haji bersamanya pada tahun 2025. Tersangka menyanggupi dengan syarat imbalan sebanyak Rp 10 juta,” tutur Hendri.

Setelah korban terperdaya, pelaku berpura-pura menelepon kenalannya yang ada di kantor Kementerian Agama.

“Ia sempat berpura-pura menelpon teman yang disebutnya itu. Padahal, saat itu handphonenya sebenarnya mati,” tegas Handri.

Ironisnya, uang hasil penipuan itu bukan untuk mengurus keberangkatan haji para korbannya. Sebaliknya digunakan untuk bersenang-senang di dunia prostitusi.

“Untuk wilayah Kabupayen Malang korbannya sebanyak 5 orang. di daerah luar Malang, pelaku ini juga melakukan penipuan, dengan modus operandi yang berbeda,” pungkas Hendri.

Akibat perbuatannya itu, pelaku dikenakan pasal 365 ayat 1 dan 3 KUHP jo pasal 56 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara. [yog/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar