Hukum & Kriminal

Dubes Pakistan untuk Indonesia Jajaki Kerjasama dengan UNAIR

Surabaya (beritajatim.com) – Duta Besar Pakistan untuk Indonesia H.E Abdul Salik Khan melakukan kunjungan ke Universitas Airlangga (UNAIR) pada Rabu,(20/2/2019). Kunjungan kerja yang berlangsung di Ruang Rektor itu adalah dalam rangka penjajakan kerjasama antara kedua belah pihak.

Kedatangan H.E Abdul Salik Khan bersama rombongan dari kedutaan disambut oleh Wakil Rektor I UNAIR Prof Djoko Santoso, Wakil Rektor III Prof Amin Alamsjah, tim dari Airlangga Global Engagement, dan beberapa pimpinan fakultas.

Dalam kunjungan itu H.E Abdul Salik Khan mengatakan bahwa ia terkesan dengan kunjungannya kali ini ke Universitas Airlangga. Ia juga mengungkapkan rasa bangganya karena ada 10 mahasiswa asal Pakistan yang diterima di UNAIR untuk program pascasarjana dan doktoral.

“Saya berharap kerjasama ini akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang dan kami telah menandatangani MoU antara Universitas Airlangga dan beberapa universitas di Pakistan,” terangnya terkait kerjasama antara UNAIR dengan Pemerintah Pakistan.

Dikatakan H.E Abdul Salik Khan bahwa saat ini fokus kerja sama yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Pakistan adalah bidang kedokteran, ilmu sosial, ilmu pengetahuan alam, kesehatan masyarakat, dan tak menutup kemungkinan bidang lainnya.

“Pakistan merupakan negara dengan muslim terbesar kedua di dunia dan Indonesia menjadi negara dengan muslim terbesar pertama di dunia. Ada ruang lingkup yang baik antara kedua negara,” tambahnya.

Selain itu, kunjungan kerjasama ini adalah sekaligus meresmikan Pakistan Reading Corner di UNAIR. H.E Abdul Salik Khan mengatakan bahwa Pakistan Reading Corner yang didirikan oleh Kedutaan Pakistan akan menyediakan berbagai buku dan bahan bacaan berkaitan dengan Pakistan.

Pakistan Reading Corner ini akan memberikan informasi dasar tentang Pakistan seperti sejarah Pakistan, hubungan Pakistan dan Indonesia, dan bagaimana ruang lingkup untuk memperluas kerja sama di bidang lainnya antara kedua belah pihak.

“Jadi, anda dapat mengetahui beberapa pengetahuan tentang Pakistan melalui buku. Kami akan memberikan informasi kepada mahasiswa Universitas Airlangga untuk mengetahui tentang Pakistan,” jelasnya.

Selain dengan UNAIR, dikatakan H.E Abdul Salik Khan bahwa Pemerintah Pakistan juga melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi lain di Indonesia.

“Kami secara serius bekerja untuk mengembangkan kerja sama ilmu pengetahuan dan teknologi antara Indonesia dan Pakistan. Kedua negara ini adalah anggota OKI dan Pakistan memiliki sekretaris di Islamabad. Melalui lembaga itu kita dapat membangun kerja sama antara dua negara,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Prof Djoko Santoso mengatakan bahwa kunjungan Pakistan ini adalah kesempatan yang bagus dalam hal menduniakan Indonesia lewat kerjasama. Kerja sama yang ingin dibangun ke depan adalah dalam hal Tri Darma Perguruan Tinggi, baik pendidikan, riset, dan pengabdian masyarakat.

“Ini kesempatan emas untuk berkomunikasi dengan dunia internasional,” ujar Prof Djoko.

“Harapannya kerjasama ini bisa penuh manfaat, terutama antara UNAIR dengan universitas-universitas di Pakistan, tambahnya.[adg/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar