Hukum & Kriminal

Dua Pemuda Jual Beli Barang Curian Lewat Medsos

Eko Norman Hadir (kiri) dan Risla (kanan)

Sidoarjo (beritajatim.com) – Polsek Taman, Sidoarjo meringkus dua orang yang diduga sebagai pencuri dan penadah sepeda motor hasil kejahatan, Senin (1/2/2021). Sepeda motor tersebut dijual melalui media sosial atau medsos.

Kedua orang itu masing-masing Eko Norman Hadir (32) warga Putat Jaya, Kelurahan Sawahan, Surabaya dan Risla (21), warga Jl KH. Abdullah, Gunung Madoah, Kabupaten Sampang. Sedangkan motor hasil kejahatan itu milik Uwinnarsih (33) yang dihilang di rumah kos kawasan Tawangsari Barat, Desa Tawangsari, Kecamatan Taman.

Kapolsek Taman Kompol Herry Setyo Susanto mengatakan, kedua pelaku ditangkap di bengkel kawasan Kota Baru, Driyorejo, Gresik. “Kami amankan saat kendaraan itu berada di bengkel,” katanya, Senin (1/2/2021).

Herry menceritakan, Polsek Taman menerima laporan soal pencurian motor tersebut dari korban. Setelah diselidiki secara mendalam, petugas menemukan ciri-ciri kendaraan yang tengah diposting dan dijual melalui media sosial.

“Ada keterangan bahwa mereka akan melakukan transaksi di depan warung. Tapi waktu kami datangi, mereka tidak ada. Tapi kami melihat ada kendaraan milik korban sedang berada di bengkel, ternyata motor tersebut mogok,” ungkapnya.

Kedua tersangka pun ditangkap. Begitu juga kendaraan bermotor jenis Suzuki Satria Nopol L 5192 RY milik korban, langsung dibawa ke Polsek Taman untuk pemeriksaan lebih lanjut. “Tersangka Eko dijerat pasal 363 KUHP tentang curat (pencurian dengan pemberatan). Sedangkan Rislah dijerat pasal 480 KUHP tentang penadah barang curian,” pungkasnya. [isa/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar