Hukum & Kriminal

Dua Malam Bandit Jalanan Beraksi di Surabaya

foto/ilustrasi jambret

Surabaya (beritajatim.com) – Warga Surabaya harus waspada saat ‘pagebluk’ Corona melanda. Tak hanya waspada terhadap kesehatan diri sendiri dan keluarga. Namun juga dengan banyaknya aksi kejahatan. Tercatat selama hampir tga pekan di April 2020, ada 10 lebih kejadian kejahatan jalanan.

Bahkan lebih jika dihitung dengan kejahatan pencurian rumah kosong. Menurut catatan beritajatim.com kejadian selama sepekan ini berada di Jalan Kertajaya dan Jalan Kapasan. Dua kejadian ini pada malam hari. Para pelaku cukup sadis dengan mencederai korbannya.

DSY (28), pelaku jambret di Jalan Kapasan, Genteng, mengakui perbuatannya. Kini DSY mendekam di hotel prodeo. “Alasannya menjambret karena terpaksa. Tapi masih kita dalami dan kita keler untuk mencari pelaku dan barang bukti hasil kejahatan,” jelas Kapolsek Genteng Kompol Anggi, Senin (20/4/2020).

Lebih lanjut, Anggi menjelaskan, saat itu petugas sedang patroli di kawasan tempat kejadian perkara. Karena memperoleh laporan ada penjambretan, petugas pun mengejarnya. Karena pengendara yang melintas dan warga kompak, mereka pun bersama mengejar pelaku. Sampai akhirnya pelaku tak bisa lari karena terjatuh di Jalan Kapasan.

“Usai terjatuh, warga yang melintas tak bisa menahan emosi. Sampai akhirnya pelaku dihajar massa. Beruntung petugas langsung mengamankan pelaku. Sebagai gantinya, kendaraan pelaku jadi pelampiasan emosi warga,” paparnya.

Sedangkan menurut cerita korban, Muhadin (36), dirinya dijambret dua orang di Jalan Kusuma Bangsa. Petugas dan warga yang mendengar teriakan korban ikut mengejar. Sampai akhirnya tiba di Jalan Jagalan, satu pelaku satu jatuh dan diamankan.

Sementara kasus begal atau perampasan kendaraan di hari sebelumnya juga terjadi di wilayah Gubeng. Mereka beraksi pada Minggu (19/4/2020) dini hari. Dalam aksinya, dua pelaku ini berhasil membawa kabur Honda Scoopy nopol L 3064 CL milik DAS (18) dari Jalan Teluk Nibung Timur, Surabaya.

Informasi yang dihimpun, kejahatan itu terjadi sekira pukul 02.30 WIB saat korban melintas dari arah Jalan Dharmawangsa menuju ke Jalan Kertajaya. Petugas kepolisian sampai sekarang masih mendalami kasus perampasan kendaraan ini. [man/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar