Hukum & Kriminal

Dokumen Lengkap, 5 Mobil Mewah Yang Disita Polda Sudah Diambil Pemiliknya

Surabaya (beritajatim.com) – Lima dari 14 kendaraan mewah yang disita Polda Jatim, sudah diambil pemiliknya. Sang pemilik kendaraan super cepat tersebut juga sudah menunjukkan kepemilikan dan dokumen lengkap, baik itu dari Form A, maupun surat Pemberitahuan Import Barang (PIB).

“Semua sudah lengkap, fakturnya sudah keluar semua, jadi lima sudah dibawa pulang pemiliknya, sisa 9,” ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Kamis (19/12/2019).

Dari sembilan kendaraan yang tersisa lanjut Kapolda, setelah dilakukan rapat dengan bea cukai dan pihak pajak serta krimsus, didapati hasil identifikasi bahwa ada tujuh yang menggunakan Form A, dan dua menggunakan Form B.

“Dari Form A ini nanti kami sepakat, kita akan mengirimkan data nomor mesin dan rangka untuk dicek apakah Form A ini apakah betul-betul sesuai dengan spek dari pada kendaraan tersebut, karena hanyak sekali sekarang beredar Form A yang palsu. Dari sini baru akan tindak lanjuti,” ujarnya.

Lebih lanjut Kapolda menyatakan, dua kendaraan Ferrari menggunakan Form B Aljaya dan Kamboja, dan ini sudah jelas fatal, karena tidak boleh di dalam form B itu sudah dijelaskan tidak boleh dipindah tangankan dan ini ada dimilik orang lain. Dan ini akan diproses lanjut, pihak Polda akan koordinasi dengan Konsulat pemilik asal usul ini, karena dalam Form B sudah jelas tidak boleh dipindah tangankan.

“Yang jelas dari 9 ini potensi kerugiannya pemasukan pajak cukup besar. Ada ada indikasi penghindaran pajak dari dealer dengan pembeli, dari importir dengan pembeli ini yang justru besar pajaknya,” ujarnya. [uci/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar