Hukum & Kriminal

Divonis Bebas, Security Perumahan Wisata Bukit Mas Sujud Syukur

Surabaya (beritajatim.com) – Majelis hakim yang diketuai Maxi Sigarlaki menjatuhkan putusan bebas pada Crhistian Novanto selaku Security Perumahan Wisata Bukit Mas, Kamis (26/9/2019).

Dalam sidang putusan yang digelar di ruang Sari 2, hakim Maxi Sigarlaki menyatakan bahwa sesuai fakta yang terungkap dalam persidangan jika terdakwa tidak terbukti melakukan tindak pidana Penganiaan sesuai Pasal 351 KUHP.

“Menyatakan terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan penganiayaan, membebaskan terdakwa dari segala dakwaan Jaksa Penuntut Umum,” ujar Hakim Maxi dalam putusannya.

Atas vonis bebas ini, terdakwa langsung meluapkan kegembiraannya dengan melakukan sujud syukur.

Sebelumnya, Jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri Surabaya, yaitu Suparlan SH, menuntut terdakwa selama dua bulan karena terbukti melakukan penganiaan korban Oscarius Yudhi Ari Wijaya.

Wellem Mintarja kuasa hukum terdakwa menyambut baik putusan bebas ini, menurutnya, kliennya memang layak bebas sebab sesuai fakta yang terungkap di persidangan menunjukkan adanya keterangan saksi yang tidak berkesesuaian baik antara saksi dengan korban maupun saksi dengan kepala security.

Untuk langkah selanjutnya, kata Wellem, pihaknya akan mempelajari putusan dan apabila ditemukan adanya diskriminasi maka pihaknya akan melaporkan kasus ini ke pihak terkait.

Sementara JPU Suparlan menyatakan akan menempuh upaya hukum kasasi atas vonis bebas hakik ini. ” Kita akan lakukan kasasi,” ujarnya. [uci/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar