Hukum & Kriminal

Disaksikan AJI dan PWI Malang Raya, Perkara Doxing Jurnalis Nusadaily.com Berakhir Damai

Malang (beritajatim.com) – Dugaan Serangan Doxing Jurnalis Nusadaily.com berakhir dengan perdamaian di Kantor Nusa Daily Group Nusa Daily Group Jl. J.A. Suprapto II No.52, Rampal Celaket Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jumat (9/4/2021).

Pihak nusadaily.com akan mencabut pengaduan dugaan serangan doxing akun @mmgachannel kepada jurnalis mereka Amanda Egaty, Lionita dan nusadaily.com. Pihak pengelola akun @mmgachannel datang ke kantor nusadaily.com dengan rombongan belasan personel.

Rombongan disambut oleh CEO Nusadaily.com Hanan Jalil, COO Nusadaily.com Bagus Ary Wicaksono dan jurnalis Amanda Egatya. Hadir sebagai saksi Ketua AJI Malang periode 2008-2012 Abdi Purmono, perwakilan PWI Malang Raya Eka Susanti, Ketua AJI Malang Mohammad Zainuddin.

Pertemuan berlangsung guyub dan gayeng meski sempat terjadi saling lempar pendapat terkait persoalan itu. Inti pertemuan itu untuk tabayyun membahas mengenai kronologi unggahan pada akun @mmgachannel. Unggahan itu yang menjadi dugaan serangan doxing kepada Amanda Egatya, Lionita dan nusadaily.com.

Pihak @mmgachannel mengunggah postingan berita nusadaily.com tersebut karena panik. Sebab dituding oleh sejumlah pihak sebagai pelaku peristiwa pelemparan surat pesawat terbang di rumah dinas Wali Kota Malang pada Senin (5/4/2021).

Padahal, dalam berita nusadaily.com tidak ada sama sekali menyebut pelaku pelemparan adalah dari pihak MMGA. Apalagi, nusadaily.com sudah melakukan koreksi, selama sekitar 10 menit sejak ada permintaan koreksi dari pihak mereka.

Namun setelah koreksi turun, justru screenshoot nusadaily.com diunggah, termasuk serangan doxing kepada Amanda Egatya dan Lionita. “Kami panik, kami tidak paham dengan doxing dan sebagainya. Kami mohon maaf jika ini merugikan Amanda Egatya. Kami pastikan keamanan dan keselamatan Mbak Manda,” ujar Andi Sinyo bersama perwakilan MMGA lainnya yakni Vandy Wijaya, Rizky Abenk dan lain-lain.

Adapun persoalan berita telah dinyatakan oleh Abdi Purmono, Eka Susanti, Ketua AJI Malang Mohammad Zainuddin, telah clear. Kerja jurnalistik yang dilakukan Amanda Egatya sudah benar. Serta langkah koreksi dari nusadaily.com juga tepat. Malah akun @mmgachannel mengunggah dugaan serangan doxing terhadap Amanda Egatya, Lionita dan nusadaily.com.

“Kami akan take down unggahan terkait dugaan doxing dan akan mengunggah klarifikasi dan koreksi terkait dugaan doxing terutama yang menyangkut pribadi Amanda Egatya dan Lionita,” imbuh Andi Sinyo.

Sementara itu, CEO nusadaily.com Hanan Jalil menyambut baik tabayyun dan pertemuan bertujuan untuk perdamaian itu. Pihak nusadaily.com akan mencabut pengaduan di Polresta Malang Kota terkait dugaan serangan doxing itu.

“Kami menghargai langkah yang ditempuh oleh pihak @mmgachannel. Saya mewakili Amanda Egatya dan Lionita menyampaikan terima kasih untuk dukungan PWI Malang Raya, AJI Malang raya, AMSI dan teman-teman media lain yang mendukung penuh kami,” paparnya.

Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan penandatangan risalah perdamaian oleh para pihak dan para saksi. Surat itu dibuat rangkap dua. Satu untuk oleh pihak @mmgachannel dan satu lagi akan dikirim ke Polresta Malang Kota.

“Upaya MMGA yang datang ke kantor nusadaily.com untuk tabayyun ini saya harap bisa jadi contoh komunitas maupun kelompok massa lainnya. Jangan ada doxing di antara kita,” tambah COO Nusadaily.com Bagus Ary Wicaksono.

Berikut Isi Risalah Perdamaian :
Pada Hari ini, Tanggal Sembilan Bulan Empat tahun Dua Ribu Dua Puluh Satu, telah terjadi pertemuan Pihak pengelola akun Instagram @mmgachannel dan media online Nusadaily.com, dimulai pukul 14.30 – 16.48 WIB. @mmgachannel diwakili Vandy Wijaya, Andi Sinyo dan Rizky Abenk. Pihak Media online Nusadaily.com diwakili CEO Nusadaily.com A. Hanan Jalil, COO Nusadaily.com Bagus Ary Wicaksono, Amanda Egatya dan Lionita.

Menerangkan bahwa terkait pengaduan dugaan serangan Doxing yang dialami Amanda Egatya, Lionita dan Nusadaily.com, yang dimuat oleh akun Instagram @mmgachannel. Maka para pihak telah sepakat untuk saling memaafkan, berdamai, dan tidak melanjutkan ke ranah hukum.

Atas kesepakatan ini:
Pihak akun instagram @mmgachannel bersedia menghapus (take down) unggahan terkait doxing tersebut. Serta melakukan koreksi dan klarifikasi atas unggahan tersebut.

Pihak media online Nusadaily.com sepakat untuk mencabut pengaduan yang telah dilayangkan ke Polresta Malang Kota, pada hari Kamis, 8 April 2021. Kesepakatan damai ini dibuat rangkap dua untuk masing-masing pihak. (yog/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar