Hukum & Kriminal

Diperiksa, Ini Pertanyaan Tim Penyidik Kejari Kabupaten Mojokerto ke Mantan Kadisperta

Mojokerto (beritajatim.com) – Mantan Kepala Dinas Pertanian (Kadisperta) Kabupaten Mojokerto menjalani pemeriksaan tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Mojokerto.

Ini merupakan pemeriksaan pertama, pasca ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi proyek pembangunan irigasi sumur dangkal di Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto tahun 2016.

Suliestyawati datang ditemani kuasa hukumnya sekira pukul 09.00 WIB dan mulai menjalani pemeriksaan di ruang Pidana Khusus (Pidsus) sekira pukul 10.00 WIB. Sekira pukul 13.00 Wib, mantan Plt Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Mojokerto turun dari salah ruang penyidik sembari menunduk menghindari wartawan.

Kuasa hukum tersangka, Mahfud mengaku, jika tim penyidik masih memberikan pertanyaan sedikit untuk kliennya. “Baru sampai mengenai tugas-tugas penggunaan anggaran karena memang tidak ada PPK. Karena tidak ada yang mau menjadi PPK sehingga beliau rangkap semua,” ungkapnya, Kamis (28/11/2019).

Masih kata Mahfud, pemeriksaan kliennya diakui sebagai pemeriksaan pertama pasca penetapan tersangka. Di pemeriksaan pertama, tegas Mahfud, belum banyak pertanyaan yang diajukan tim penyidik kepada kliennya. Kliennya akan menjalani semua proses hukum yang menjeratnya.

“Iya pertama kali. Masih sedikit. Tidak bisa menghitung, tidak disebutkan nomor, belum membaca. Belum seluruhnya. Jangan bicara hal-hal begitu ya (penahanan), bu Lies merupakan orang yang taat hukum sehingga semua akan dijalani. Apapun yang diinginkan oleh Kejaksaan. Penangguhan penahanan jika ditahan. Ini belum ada pasal, kita belum tahu. Belum. Nanti, sabar dulu,” katanya.

Mahfud menambahkan, perbuatan kliennya yang dinilai tim penyidik sebagai dugaan korupsi sudah sesuai dengan progress yang sudah ditandatangani antara kontraktor, pengawas dan pengguna anggaran. Menurutnya, ia akan mengikuti proses hukum yang berjalan.

“Penjelasannya, pekerjaan-pekerjaan yang tidak selesai tidak dibayar, sesuai dengan progress yang sudah ditandatangani kontraktor pengawas, PA. Tanyakan ke jaksanya. Sementara belum. Bu lies tidak berfikir sejauh itu, semua ada proses sehingga harus kita lalui karena kita tidak tahu pasal berapa,” tegasnya.[tin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar