Hukum & Kriminal

Dipanggil Kejaksaan, Camat Duduksampeyan Mangkir

Kasi Intel Kejari Gresik Dimaz Atmadi Brata didampingi Kasipidsus Dymas Adji Wibowo saat memberikan keterangan pers

Gresik (beritajatim.com)- Untuk keempat kalinya, Camat Duduksampeyan, Gresik, Suropadi mangkir dipanggil Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat atas dugaan kasus korupsi penyalahgunaan anggaran pendapatan, dan belanja APBD tahun 2017 hingga 2019.

Kasi Intel Kejari Gresik Dimaz Atmadi Brata Anandiyansyah di dampingi Kasipidsus Dymas Adji Wibowo mengatakan, pemanggilan sebagai saksi sudah dilayangkan kepada yang bersangkutan. “Kejari Gresik sudah empat kali melayangkan pemanggilan kepada Camat Suropadi. Tapi, yang bersangkutan masih mangkir tanpa alasan,” katanya, Rabu (10/2/2021).

Atas dasar itu, lanjut Dimaz, pihaknya masih menunggu dan berharap Camat Suropadi koperatif dan ditunggu sampai sekarang. Pemanggilan ini dilakukan untuk diperiksa sebagai saksi guna dimintai keterangan. “Kami telah menerima hasil audit dari Inspektorat Pemkab Gresik. Dari hasil itu, ada dugaan kerugian negara kurang lebih Rp 1 miliar,” ujarnya.

Ia menambahkan, hasil audit yang diterima dari Inspektorat Pemkab Gresik adanya dugaan penyalahgunaan dalam pengelolahan anggaran di Kecamatan Duduksampeyan.

“Camat Suropadi dua kali kami mintai keterangan saat penyelidikan, dan satu kali saat statusnya naik menjadi penyidikan. Kali ini pemanggilan keempat kalinya. Tapi belum ada kabar belum juga datang,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Kejari Gresik telah melakukan penyidikan dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan anggaran di Kecamatan Duduksampeyan tahun anggaran 2017-2019. Korps Adhiyaksa sudah mengecek fisik bangunan yang menggunakan dana APBD Gresik.

Tim Pidsus Kejari Gresik juga telah melakukan pengecekan kegunaan anggaran yang dibantu pihak Inspektorat Pemkab Gresik sebagai ahli di bidang penghitungan kerugian negara, dan juga dari PT Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang PUTR) Kabupaten Gresik untuk mengecek fisik bangunan. [dny/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar