Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Dinyatakan Bersalah, Pendiri SMA SPI Dihukum 12 Tahun Penjara

Pembacaan vonis Bos SMA SPI di PN Malang.

Malang (beritajatim.com) – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Malang menyatakan pendiri SMA SPI Kota Batu, Julianto Eka Putra, terbukti bersalah dalam kasus kekerasan seksual kepada siswinya. Atas kasus ini, Majelis Hakim menjatuhkan vonis 12 tahun penjara kepada Julianto.

“Terdakwa dengan meyakinkan telah bersalah melakukan tindak pidana. Dia dengan sengaja membujuk anak melakukan persetubuhan dengannya terus menerus,” kata Herlina, Rabu, (7/9/2022).

Majelis Hakim juga menjatuhkan hukuman denda sebesar Rp300 juta. Jika terdakwa tak bisa membayar, maka akan diganti dengan kurungan penjara selama 3 bulan. Selain itu, terdakwa juga wajib membayar denda restitusi kepada korban sebesar Rp44 juta.


“Memberikan terdakwa waktu satu bulan untuk membayarnya terhitung setelah putusan dibacakan. Jika terdakwa tak mampu membayar, Jaksa berhak menyita harta benda terdakwa untuk dilelang dan digunakan untuk membayar restitusi. Namun jika harta terdakwa tak mencukupi, maka akan diganti dengan kurungan penjara selama 1 tahun,” ujar Herlina.

Sementara itu, sidang putusan yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim, Herlina Reyes itu dilakukan secara terbuka sejak pukul 10.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.40 WIB. Terdakwa mengikuti persidangan ini secara virtual dari dalam Lapas Kelas I Malang. Di ruang sidang, terdakwa diwakili oleh Kuasa Hukum Hotma Sitompul dan tim. [luc/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar