Hukum & Kriminal

Diduga Terlibat Korupsi, Dua PNS Disdik Sampang Terancam Diberhentikan dari PNS

Pers release Kejaksaan Negeri Sampang atas penangkapan dua orang oknum PNS Dinas Pendidikan yang diduga terlibat kasus penarikan fee proyek inisial RJ dan E.

Sampang (beritajatim.com) – Kepala Seksi Sarana dan Prasarana (Sarpras) Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sampang, Madura, inisial AR dan stafnya E berujung pahit.

Sebab, selain menjalani masa tahanan, dua Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dinas Pendidikan tersebut akan diberhentikan sementara sebagai PNS.

Suyono, Kabid informasi Kepegawaian dan Pengembangan Karier BKPSDM setempat mengatakan, hingga kini pihaknya sudah mengirimkan surat kepada Kejaksaan Negeri Sampang agar secepatnya melayangkan surat penahanan untuk dilakukan Pemberhentian sementara dari PNS.

“Sampai sekarang kita belum menerima surat penahanan, kami suda kirim surat ke Kejaksaan, mungkin dalam proses, dan kami masih menunggu surat penahanan dari Kejari Sampang,” terangnya, Kamis (22/8/2019).

Ia menjelaskan, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Kepegawaian, Pasal 276 huruf C. disebutkan bahwa pegawai yang ditahan karena menjadi tersangka tindak pidana akan diberhentikan sementara gaji akan dipotong 50 persen. “Dasarnya jika sudah ada surat penahanan, diberhentikan sementara,” imbuhnya.

Menurutnya oknum ASN tersebut, selain melanggar UU No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS, dua oknum tersebut juga dinilai tidak turut menyukseskan komitmen Pemkab Sampang untuk bersih dan memberantas segala tindakan yang terkait dengan korupsi.

Perlu diketahui, dua pegawai Disdik tersebut sudah ditetapkan tersangka atas dugaan kasus penarikan fee proyek terhadap pengerjaan Ruang Kelas Baru (RKB) di SDN 2 Banyuanyar dengan anggaran senilai Rp 1,4 miliar dari APBN Ta 2019. dan kini masa penahannya diperpanjang hingga 40 hari ke depan untuk memenuhi kelengkapan berkas perkara.[sar/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar