Hukum & Kriminal

Diduga Menghina Bos PT Warna Warni, Aktivis LSM Diadili

Surabaya (beritajatim.com) – Edy Siswanto, terdakwa kasus dugaan penghinaan terhadap Direktur Warna-Warni menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (10/12/2020).

Sidang kali ini mengagendakan putusan sela yang dibacakan Majelis Hakim yang diketuai M. Khusaini. Dalam putusan selanya, hakim Khusaini menyatakan bahwa dakwaan jaksa penuntut umum sah menurut hukum sehingga sidang dilanjutkan.

“Mengadili, menyatakan keberatan saudara Edy Siswanto tidak dapat diterima. Menyatakan sah menurut hukum surat dakwaan penuntut umum sebagai dasar penutusan perkara dan memerintahkan untuk melanjutkan perkara,” kata Khusaini di ruang sidang Tirta 2 Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (10/12/2020).

Dalam putusan sela, hakim memiliki kewenangan untuk menerima atau menolak keberatan terdakwa atau penasihat hukum. Jika diterima, maka dakwaan tersebut tidak akan diperiksa lebih lanjut. Sebaliknya apabila hakim menolak keberatan maka dakwaan akan dilanjutkan.

Edy Siswanto yang mengatasnamakan LSM ini didakwa Jaksa Kejari Tanjung Perak dengan Pasal 311 Ayat (1) KUHP.

Jaksa menilai Edy telah melakukaan penghinaan terhadap direktur PT. Warna Warni Investama, Triandy Gunawan saat hadir dalam pembangunan Apartemen Gunawangsa, Jalan Tidar. [uci/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar