Hukum & Kriminal

Diduga Dukung Salah Satu Cakades, Rumah Anggota DPRD Kabupaten Kediri Digeruduk Warga

Kediri (beritajatim.com) – Rumah milik anggota DPRD Kabupaten Kediri, Antok Prapungka Jaya digeruduk warga setempat, Rabu (30/10/2019).

Aksi spontanitas warga Desa Jatirejo, Kecamatan Banyakan tersebut karena dugaan wakil rakyat dari Partai Nasdem tersebut mendukung salah satu kandidat calon kepala desa setempat.

Kejadian terjadi sebelum coblosan. Puluhan warga Dusun Gondang, Desa Jatirejo diundang makan gratis dengan menu soto ayam di rumah milik Antox Prapungka yang terletak di Desa Banyakan, Kecamatan Banyakan. Mengetahui undangan itu, sejumlah warga terpancing. Mereka kemudian menggeruduk rumah milik Antok Prapungka.

Shokip, salah satu warga Dusun Jatirejo, Desa Jatirejo yang juga mengetahui kejadian itu mengaku, warga hanya ingin memperingatkan agar warga Desa Jatirejo yang datang ke rumah milik Antok Prapungka, untuk segera membubarkan diri dan pergi ke bilik coblosan untuk menyalurkan hak suaranya.

“Tadi hanya berselisih paham. Kita ingin situasi Pilkades kondusif dan tidak memanas. Kita minta para warga yang datang tadi membubarkan diri,” ujarnya di lokasi coblosan.

Menurut Shokip, warga berselisih paham karena dipicu lokasi rumah milik Antok Prapungka tidak berada di wilayah Desa Jatirejo, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri.

“Soalnya kalau mengundang makan dan berada di luar desa kan nggak boleh. Kita inginnya kondusif. Lokasi rumah tadi berada di Desa Banyakan, hal ini tadi yang memicu warga berselisih paham,” jelasnya.

Terpisah, Antok Prapungka Jaya menegaskan jika tidak ada arahan maupun bagi-bagi uang dalam acara makam gratis yang digelar di rumahnya tadi pagi. “Ini tadi sebenarnya hanya ada mis komunikasi. Ini murni acara makan gratis dan tidak ada yang mengarahkan harus mencoblos salah satu calon,” tuturnya.

Kendati demikian, ia juga mengakui jika undangan makan gratis ini memang dibiayai oleh salah satu calon Pilkades Desa Jatirejo.

“Memang makan gratis ini dibiayai oleh salah satu calon. Kit tadi mengundang warga karena memang keluarga istri saya banyak di Dusun Gondang, Desa Jatirejo, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. Sedangkan rumah saya juga tidak jauh dari Dusun Gondang,” tandasnya.

Situasi akhirnya mereda setelah petugas kepolisian datang ke lokasi rumah milik Antok Prapungka. Polisi meminta warga yang datang kelokasi segera membubarkan diri usai makan dirumah anggota dewan Kabupaten Kediri tersebut.

Pilkades Jatirejo diikuti dua calon, Solikin yang merupakan incumbent dan lawannya Mohamad Sodik yang bekerja sebagai bayan di desa tersebut. Mereka memperebutkan suara sekitar 3.700 pemilih. Desa ini meliputi dusun yakni Dusun Gondang, Dusun Dau dan Dusun Jatirejo. [nng/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar