Hukum & Kriminal

Diberi Pembatas Beton dan Polisi Beneran, Pengendara Dibawah Fly Over Waru Sidoarjo Masih Nekad

Sidoarjo (beritajatim.com) – Mengurangi kecelakaan dan kemacetan arus lalulintas di bawah jembatan layang Waru, yang dilakukan oleh pengguna jalan yang melanggar rambu lalulintas, Satlantas Polresta Sidoarjo memasang patung polisi.

Patung polisi berseragam lengkap dengan memakai helm putih itu adalah polisi sungguhan dan berdiri seperti patung beneran. Polisi menjadi patung itu berdiri di sebelah barat jembatan layang Waru tepatnya di traffic light Jalan Letjend Sutoyo.

Polisi menjadi patung dengan dandangan pakai riasan wajah merah dan lainnya selayaknya seperti patung beneran. Begitu ada pelanggar, langsung dicegat dan diberikan surat tilang.

Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Kompol Fahrian Saleh Siregar menegaskan, patung dipasang untuk menghalau pengendara yang berusaha menerobos dengan melawan arus menuju ke Jalan Letjen Sutoyo atau arah ke barat setelah putar balik di bawah jembatan layang.

“Sudah dipasang patung polisi di barier beton permanen. Tapi masih saja banyak yang melanggar. Kesadaran pengguna jalan masih kurang,” katanya Sabtu (15/6/2019).

Lanjut dia, mestinya masyarakat itu patuh mentaati rambu lalulintas, bukan karena di tilang, melainkan kesadaran yang timbul. “Harusnya tertib lalu lintas menjadi kesadaran. Ini demi keselamatan pengendara dan pengguna jalan lain,” terangnya menghimbau.

Dia berharap, dengan adanya patung tersebut dapat membantu petugas kepolisian menertibkan masyarakat khususnya di bawah layang Waru tersebut.

 

“Masyarakat tertib hanya karen ada polisi, itu sangat tidak baik. Ada dan tidak polisi harus sadar berlalulintas dan mematuhi peraturan yang ada,” harapnya.

Fahrian menyebutkan, pelanggaran itu yakni tidak memakai helm, melawan arus, over muatan, menggunakan handphone saat berkendara, mabuk, dan pengendara belum cukup umur.

Sejumlah pelanggaran yang memiliki fatalitas tinggi juga harus menjadi prioritas yang harus diperhatikan masyarakat.

“Polisi juga tidak akan segan melakukan tindakan tilang jika menemukan pelanggaran tersebut,” pungkasnya. (isa/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar