Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Deteksi Dini, Petugas Diminta Geledah Rutan Secara Berkala

Kunjungan Dir Kamtib Ditjen Pemasyarakatan ke Rutan Sumenep (foto : Temmy)

Sumenep (beritajatim.com) – Direktur Keamanan dan Ketertiban Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI, Abdul Aris mengunjungi Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Sumenep, Kamis (7/4/2022). Kunjungan ini merupakan rangkaian Safari Ramadan.

“Sekaligus kami ingin menyampaikan pesan-pesan kemasyarakatan. Petugas di setiap lembaga pemasyarakatan maupun Rutan, wajib melakukan deteksi dini keamanan. Salah satunya adalah melaksanakan tugas sesuai SOP, agar Lapas maupun Rutan kondusif,” kata Abdul Aris.

“Kita tahu sempat viral beberapa kasus seperti pengendalian peredaran narkoba dari lapas. Nah ini harus dijaga jangan sampai terjadi disini. Caranya ya itu tadi. Melaksanakan tugas sesuai SOP,” tandasnya.

Ia memaparkan, pelaksanaan tugas sesuai SOP harus dilakukan petugas di semua lini. Terutama di penjagaan, mulai penjagaan pintu utama, penjagaan pos, penjagaan lingkungan, serta penjagaan lain. Ia meminta ada penggeledahan warga binaan setiap keluar masuk, kemudian penggeledahan pengunjung, serta penggeledahan blok hunian secara berkala.

“Jangan sampai ada barang-barang mencurigakan. Seperti pernah ditemukan di lapas lain, sabu dimasukkan ke kacang, ke jagung, bisa ke balpoint, ke HP. Sepertinya tidak masuk akal. Tapi buktinya itu terjadi. Itu kejadian nyata,” paparnya.

Ia mengaku angkat jempol untuk Rutan Klas IIB Sumenep, karena penataannya bagus, kebersihan bagus, dan performa petugas pun baik. Selain itu, tidak pernah terdengar ada kasus menonjol di Rutan Sumenep. Dalam kunjungan tersebut Dir Kamtib juga melihat langsung aktifitas warga binaan membatik tulis.

“Artinya Rutan Sumenep ini ditangani dengan baik. Saya yakin, dengan komitmen kuat, semua bisa berjalan baik. Jangan lupa, hindari pungli dan tidak boleh ada diskriminasi,” tandasnya. [tem/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar