Hukum & Kriminal

Demi Keseimbangan Alam, Polres Madiun Galang Gerakan Menanam Pohon

Kapolres AKBP Ruruh Wicaksono dan jajarannya menanam tanaman produktif di lingkungan Mapolres Madiun.(foto: Polres Madiun)

Madiun (beritajatim.com) – Ada pemandangan berbeda di markas Polres Madiun hari ini, ya aneka pohon berjajar rapi di sekitar lapangan Tri Brata polres setempat. Sedikitnya ada 100 tanaman produktif, seperti pohon jambu, pohon kelengkeng, pohon mangga, pohon rambutan, pohon durian, dan pohon kedondong tertanam disitu.

”Hari memang ada gerakan menanam 100 pohon oleh keluarga besar Polres Madiun,” kata Kapolres AKBP Ruruh Wicaksono, Kamis (2/1/2020).

Gerakan menanam pohon ini, kata Ruruh merupakan tindak lanjut dari intruksi Kapolri agar seluruh jajarannya melakukan penanaman pohon. Selain untuk meminimalisir pemanasan global, juga bisa sebagai penahan air saat hujan melanda seperti sekarang ini. Penanan pohon ini sebagai langkah awal untuk menjaga keseimbangan alam.

”Manfaatnya banyak untuk manusia, selain membuat pemandangan Mapolres jadi hijau dan asri, kelak kita juga bisa memetik buahnya,” katanya.

Kegiatan gerakan menanam pohon ini, kata Ruruh tidak hanya berhenti di lingkungan Mapolres Madiun saja. Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan gerakan menanam 2000 pohon di lahan gundul lereng Gunung Wilis. Selain menjaga kelestarian alam, penanaman ini juga bisa menseimbangkan ekosistem lingkungan.

”Kita menanam pohon tidak ada ruginya, bahkan keuntungan menaman pohon ini bisa dinikmati oleh anak cucu kita nanti,” pungkasnya. [end/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar