Hukum & Kriminal

Dekan FH Universitas Jember Terpilih Jadi Komisioner KPK Jelang Ultah ke-45

Nurul Ghufron [Foto/dok pribadi]

Jember (beritajatim.com) – Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember Nurul Ghufron terpilih menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi 2019-2023, beberapa hari jelang hari ulang tahun ke-45.

Komisi III DPR RI mengetuk palu hasil pemungutan suara pada Jumat (13/9/2019) dini hari. Ghufron berulang tahun pada 22 September 1974. “Saya setengah tidak percaya kalau saya terpilih. Saya sampaikan alhamdulillah. Tapi itu juga amanah baru yang mungkin sangat berat,” kata Ghufron kepada beritajatim.com.

Menurut Ghufron, tugas sebagai komisioner KPK akan sangat berbeda dengan tugas seorang dosen hukum. “Kalau mengajar cuma ceplas-ceplos, gampang saja. Tapi kalau ini menegakkan. Objeknya jelas: manusia seperti saya, dia memiliki hak hidup, memiliki keluarga yang karenanya saya harus hati-hati menegakkan hukum kepada mereka,” katanya.

Ghufron mendapat suara terbanyak ketiga di bawah Firli Bahuri (56 suara) dan Alex Marwata (53) suara. Dua nama lain yang mendapat suara terbanyak dari 10 kandidat yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan adalah Nawawi Pamolango (50 suara) dan Lili Pintauli Siregar (44 suara). (wir/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar