Hukum & Kriminal

Dapat Remisi Lebaran, 5 Napi di Ponorogo Langsung Bebas

foto: ilustrasi

Ponorogo (beritajatim.com) – Keberkahan hari lebaran Idul Fitri juga dirasakan oleh 154 narapidana (napi) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Ponorogo.

Pasalnya mereka memenuhi syarat sesuai peraturan perundang-undangan, untuk mendapatkan pengurangan hukuman atau remisi.

”Besaran hari dari masing-masing napi yang diusulkan memdapat renisj berbeda,” Kasie Pelayanan Tahanan Rutan Ponorogo Taufiqul, Senin (4/6/2019).

Ada 57 napi yang mendapatkan remisi 15 hari. Sedangkan 80 mendapat pengurangan hukumsebulan.Selain itu ada renisi sebanyak 1 bulan 15 hari hanya satu orang.

”Ada 5 napi yang dinyatakan bebas nanti diawal lebaran,” katanya.

Saat ini di rutan kelas IIB Ponorogo ada sekitar 347 tahanan maupun napi. Dari jumlah itu yang berstatus napi ada 197 orang. Namun, yang memenuhi syarat untuk diajukan remisi hanya 154 orang.

”Untuk sisanya tidak memenui persyaratan dalam kepengurusan remisi,” katanya.

Selain saat ldul Fitri, remisi khusus biasanya juga diberikan saat hari besar keagamaan lain. Misalnya Natal, Nyepi maupun Waisak. Sedangkan ketentuan besaran remisi untuk tahun pertama atau telah menjalani 6-12 bulan bisa mendapat 15 hari. Untuk masa hukuman satu hingga tiga tahun mendapat satu bulan. Untuk masa hukuman empat hingga enam tahun mendapat remisi 1,5 bulan. Untuk masa hukuman enam tahun lebih mendapat remisi dua bulan.

”Penghitungan remisi biasanya disesuaikan dengan masa tahanan napi teraebut,” pungkasnya. (end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar