Hukum & Kriminal

Dan Yonif 3 Marinir Pimpin Kenaikan Pangkat 50 Prajurit ‘Hiu Petarung’

Sidoarjo (beritajatim.com) – Komandan Batalyon Infanteri 3 Marinir Letkol Marinir Eko Budi Prasetyo memimpin upacara kenaikan pangkat prajuritnya di Markas ‘Hiu Petarung’ Yonif 3 Mar Gedangan, Sidoarjo. Jumat (4/10/2019).

Sebanyak lima puluh satu prajurit “Hiu Petarung“ (Yonif 3 Marinir) secara resmi menyandang pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula periode 1 Oktober 2019. Rinciannya, 1 orang dari Mayor ke Letkol, 1 orang dari Serma ke Pelda, 3 orang dari Serda ke Sertu, 30 orang dari Kopda ke Koptu, 5 orang dari Praka ke Kopda dan 11 orang dari Prada ke Pratu.

Danyonif 3 Mar Letkol Marinir Eko Budi Prasetyo mengatakan, upacara penyematan pangkat baru merupakan tradisi di lingkungan Batalyon Infanteri 3 Marinir. “Tujuannya untuk memberikan ucapan selamat kepada Prajurit Yonif 3 Mar yang dianugrerahi pangkat baru satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula,” katanya.

Lebih jauh, Letkol Marinir Eko Budi Prasetyo yang juga naik pangkat periode 1 Oktober 2019 itu menjelaskan, bahwa kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi adalah suatu anugerah dari Allah SWT dan juga merupakan amanah yang patut disyukuri.

Namun, sambung dia, dengan kenaikan pangkat janganlah membuat sombong dan lupa diri, justru dengan anugerah pangkat yang lebih tinggi konsekuensinya tugas dan tanggung jawab akan semakin berat.

“Saya selaku Komandan kalian beserta seluruh staf, perwira dan anggota mengucapkan selamat atas kenaikan pangkat baru yang kalian sandang, dan dengan pangkat baru ini semoga menjadikan kita semakin disiplin dan bertambah semangat dalam menjalankan tugas yang dibebankan kepada di pundak kita,” harapnya.

Kemudian bagi prajurit yang belum naik pangkat agar tidak berkecil hati dan kecewa, menjadikan hal tersebut untuk lebih mawas diri dan memperbaiki kekurangan yang ada selama ini, dengan begitu dapat dijadikan bekal dikemudian hari untuk menjadi lebih baik dari sekarang.

Usai upacara kenaikan pangkat dilanjutkan dengan acara tradisi yaitu pemberian ucapan selamat, masuk kolam dan penyiraman bunga kepada prajurit yang naik pangkat.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan acara syukuran kenaikan pangkat yang diisi dengan tausiah agama oleh Serma Mar Saerozi, pemberian tali asih kepada anak yatim dan pemotongan tumpeng oleh Danyonif 3 Mar, kemudian potongan tumpeng diberikan kepada perwakilan prajurit yang naik pangkat Pelda Marinir Umar.

Kegiatan yang dihadiri Wadan Yonif 3 Mar Mayor Marinir Widi Permono, Ketua Ranting C Cabang 2 Korcab Pasmar 2 Ny. Eko Budi Prasetyo dan anggota Jalasenastri Yonif 3 Mar tersebut diakhiri dengan acara ramah tamah. (isa/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar