Hukum & Kriminal

Dalam Kurun Seminggu, Warung Kopi di Ponorogo 4 Kali Disatroni Maling

Karyawan warung kopi menunjukan bekas tempat gembok yang dirusak oleh maling. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Istilah kejahatan terjadi bukan karena ada niat dari pelakunya, namun juga karena ada kesempatan memang benar adanya. Aksi pencurian dan pemberatan (curat), meresahkan pemilih usaha warung kopi di jalan Cinde Wilis Kelurahan Kertosari Kecamatan Babadan Ponorogo. Bagaimana tidak, dalam kurun seminggu, warung kopinya sudah 4 kali disatroni maling.

“Maling ini beraksi di malam hari, saat karyawan sudah pulang dan warung keadaan tutup,” kata Setyo Budiono, pemilik warung kopi tersebut, Senin (24/8/2020).

Kejadian pertama kemalingan tersebut diketahui saat karyawan hendak masuk warung. Dia mendapati gembok pintu dalam keadaan rusak. Saat dilakukan pengecekan, uang yang disimpan diberbagai tempat itu hilang. “Uang yang disimpan di dalam kaleng, dan lemari hilang,” katanya.

Usai gembok diperbaiki, beberapa hari kemudian karyawan mendapati pintu belakang warung rusak karena didobrak. Kemudian, keesokan harinya karyawan mendapati lagi pintu belakang rusak karena didongkel paksa.

Budi menyebut, untuk barang-barang yang ada di dalam warung aman. Hanya uang saja yang diambil. Dalam aksi yang ketiga dan keempat itu, maling tidak bisa masuk, karena gembok sudah diganti sehingga mendobrak pintu namun tidak berhasil di buka. “Jika ditotal uang yang diambil sih cuma Rp 600 ribu,” katanya.

Karena selama seminggu sudah empat kali, akhirnya Budi melaporkan kepada bhabinkamtibnas Kelurahan Kertosari. Dia menceritakan apa yang dialami di warungnya. Dia meminta agar pengamanan di lingkungan sekitar warung kopinya ditingkatkan. Meski kerugian yang diakibatkan kecil, namun jika terus menerus juga sangat meresahkan. Budi khawatir kalau dibiarkan terus menerus bisa macam-macam yang diambil pencuri tersebut.

“Saya takut, jika berhasil masuk lagi namun tidak menemukan uangnya, bisa-bisa mengambil barang-barang seperti televisi LED. Saya meminta keamanan di lingkungan ditingkatkan,” pungkasnya. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar