Hukum & Kriminal

Curi Motor di Pasuruan, Pria Asal Lekok Babak Belur Dihajar Massa

Pasuruan (beritajatim.com) – Nasib naas dialami Hasim, warga Balonganyar, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan. Dia babak belur dihajar massa karena ketahuan mencuri sepeda motor.

Hasim menggondol motor yang terparkir di tepi jalan sawah, Desa Manaruwi, Kecamatan Bangil. Motor yang terparkir itu merupakan milik Rosidah, warga Lomorejo, Kecamatan Bangil. Menurut keterangan Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Farouk Ashadi Haiti, peritiwa itu terjadi pada Kamis, 29 Desember 2022.

Pelaku melancarkan aksinya dengan seorang teman berinisial SR yang sampai saat ini masih buron. “Pelaku berusaha mencuri motor Honda Vario nopol N 2569 TCA. Korban memarkirkan motornya di tepi jalan dengan kontak motor yang masih menempel di kendaraan,” kata Farouk, Senin (16/1/2023).

Farouk menceritakan, kasus ini bermula ketika korban ingin melihat sawahnya dan kemudian memarkirkan sepeda motor ditepi jalan. Korban yang keenakan melihat sawah hingga lupa jika kontak motornya masih menempel. Tak lama berselang, pelaku yang melintasi tepi sawah melihat kendaraan korban dan kemudian mengambilnya. Korban yang mengetahui hal tersebut langsung berteriak meminta tolong.

Terjadilah kejar-kejaran antara pelaku dengan warga sampai di Lumpang Bolong, Kelurahan Dermo, Kecamatan Bangil. Pelaku yang merasa terpojok kemudian menaruh motor korban dan bersembunyi di salah satu rumah warga. Namun pilihan pelaku bersembunyi di rumah warga malah menjadikan dirinya babak belur dikeroyok.

pasuruan
Barang bukti yang diamankan polisi

Beruntungnya, pihak kepolisian mendatangi tempat kejadian dan langsung mengamankan pelaku. Aksi main hakim sendiri itupun berhenti. “Kami mengamankan pelaku beserta barang bukti dua unit motor dan satu buah korek api bentuk pistol. Pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman tujuh tahun penjara,” tutup Kasat Reskrim Polres Pasuruan. [ada/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar