Hukum & Kriminal

Curi Kabel Tembaga Milik Telkom, Warga Bawean Meringkuk di Penjara

Gresik (beritajatim.com) – Robiatul Huda, warga Desa Kotakusuma, Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean, Gresik terpaksa harus meringkuk di penjara. Pemuda usia 20 tahun ini berurusan dengan polisi karena kepergok mencuri satu gulungan kabel tembaga dengan panjang lebih kurang 200 meter.

Kapolsek Tambak AKP Abdul Rokib menuturkan, tersangka sudah diamankan di Mapolsek Tamba karena mencuri kabel jaringan milik PT Telkom.

“Perbuatan tersangka tidak hanya sekali. Saat ditangkap sudah ketiga kalinya mencuri kabel tembaga,” tuturnya, Selasa (15/09/2020).

Rokin mengatakan, sebelum tertangkap tersangka saat itu sedang mencuri kabel sepanjang 200 meter. Aksi ketiganya ini berhasil membawa kabel tembaga dengan panjang 200 meter.

“Di aksi ketiganya ini tersangka kepergok dan langsung kami bawa ke polsek,” katanya.

Sebelumnya, tersangka melancarkan aksinya di Desa Diponggo, Kecamatan Tambak, Gresik. Dalam aksinya itu, tersangka dengan modus operandinya menggunakan tang untuk memotong kabel.

“Saat menjalankan aksinya tersangka memotong kabel tersebut. Selanjutnya, merobek karet kabel dengan menggunakan pisau. Setelah karet kabel sobek, tembaganya diambil,” ungkap Abdul Rokib.

Aksi tersangka yang kerap kali mencuri kabel tembaga itu lalu kepergok warga. Selanjutnya tersangka dibawa ke Polsek Tambak.

Di hadapan petugas, tersangka mengakui perbuatannya mencuri kabel tembaga. Setelah menjalani pemeriksaan, tersangka dijebloskan ke penjara.

Selain mengamankan tersangka, petugas juga menyita barang bukti berupa satu buah pisau serta satu buah tang besi, dan gulungan kabel. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar