Hukum & Kriminal

Curi Kabel Telekomunikasi, 4 Pelaku Asal Gubeng Babak Belur

Sidoarjo (beritajatim.com) – Komplotan pencuri asal Surabaya babak belur digebuki warga setelah tertangkap saat beraksi di Jalan Taman Baru, Kecamatan Taman, Sidoarjo, Minggu (10/5/2020). Keempat pelaku itu, Budi Kurniawan, Muhammad Basir, Heru Octavianus Purwanto, dan Dodo Muharyanto. Semuanya berasal dari Gubeng, Surabaya.

Para bandit itu ketahuan warga ketika sedang mencuri kabel telekomunikasi. Meski sempat kabur, tapi semua pelaku tertangkap usai dikepung oleh warga.

Dalam aksinya, empat pria itu berboncengan mengendarai dua sepeda motor. Dari Gubeng, mereka berkeliling mencari sasaran. Sampai akhirnya memutuskan beraksi di Jalan Taman Baru Kecamatan Taman.

Keempat pelaku mempunyai tugas masing-masing. Ada pelaku bertugas mengamati situasi, dan bagian memotong kabel. Mereka mengambil dua meter, lalu dimasukkan ke dalam sebuah karung. “Saat memotongi kabel lagi, ada warga yang melihat dan diteriaki maling. Mereka langsung berusaha kabur dan dikejar warga beramai-ramai,” terang Kamidi saksi mata.

Usai tertangkap, tak sedikit warga yang gregetan dengan ulah para pelaku dan dihajar hingga babak belur. Untungnya, petugas kepolisian datang kemudian mengamankan empat bandit itu dari amuk warga. “Mereka sudah diamankan petugas. Dalam pemeriksaan, keempatnya juga sudah mengakui semua perbuatannya,” kata Kapolsek Taman, Kompol Herry Setyo Susanto.

Dari karung yang dibawa para pelaku, petugas menyita peralatan untuk mencuri dan kabel yang dipotong-potong. “Semua pelaku kami tahan untuk proses hukum,” tegas Herry. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar