Hukum & Kriminal

Curi Dinamo di Gudang Kalianak Surabaya, 3 Sahabat Karib Dibekuk Polisi

Ketiga tersangka yang diamankan polisi usai mencuri di gudang Kalianak Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Perilaku tiga sahabat karib asal Surabaya ini tidak patut ditiru. Karena mereka kompak menguras isi gudang sparepart truk di Jalan Kalianak 53-RR Surabaya pada Senin, (6/9/2021).

Ketiga sahabat karib tersebut adalah Alfian Zulkarnain Tayib (30) asal Jl Krembangan Masigit I, Ferri Sandria (26) asal Jl Dupak Rukun II dan Abdul Malik (24) asal Jl Genteng Tambak Dalam VI, Surabaya. Kini mereka harus melanjutkan persahabatan di dalam sel jeruji.

Kompol Hary Kurniawan selaku Kapolsek Asemrowo mengatakan, dalam melancarkan aksinya, tiga pelaku berbagi tugas. Mereka memasuki areal dalam gudang dengan memanjat tembok belakang melalui tiang listrik. “Dua pelaku bertugas mengambil barang di dalam gudang, sedangkan satu pelaku berjaga di luar untuk menunggu operan barang dari temannya yang ada di dalam,” ujarnya, Selasa (14/9/2021).

Namun aksi tiga pencuri ini dipergoki oleh salah satu pekerja. Kemudian melaporkannya kepada sekuriti. Setelah itu laporan tersebut diteruskan kepada anggota Polsek Asemrowo, dan kebetulan ada anggota yang melaksanakan patroli. “Kami tangkap dan amankan pelaku, selanjutnya mereka dan barang bukti dibawa ke Polsek Asemrowo untuk penyidikan,” tambahnya.

Dari tangan mereka, polisi mengamankan 1 buah ban truk fuso berikut velgnya, 1 buah dinamo mesin, 1 buah tabung water cooler, 1 buah manipol, 1 buah besi sirip dinamo dan seutas tali tambang yang digunakan pelaku untuk mengoper barang curian. “Dengan adanya kejadian tersebut korban menderita kerugian kurang lebih sebesar Rp 15 juta,” pungkasnya.

Atas perbuatannya, mereka dijerat pasal 363 ayat (1) KUHP terkait pencurian dengan pemberatan. “Ancaman hukumannya 6 tahun penjara,” pungkasnya. [ang/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar