Hukum & Kriminal

Curi Data Pelanggan Telkomsel, Febriansyah Dihukum 8 Bulan Penjara

Suasana persidangan kasus pencurian data Telkomsel

Surabaya (beritajatim.com) – Majelis hakim yang diketuai M Safri menjatuhkan hukuman delapan bulan penjara pada Febriansyah Puji Handoko. Pria kelahiran 27 tahun silam ini dinyatakan bersalah lantaran melanggar Pasal 48 ayat 3 UU ITE.

Dalam amar putusan yang dibacakan Hakim Safri menyatakan terdakwa Febriansyah Puji Handoko terbukti bersalah melakukan tindak pidana yang melanggar Pasal 48 Ayat (3) Jo. Pasal 32 Ayat (3) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

“Mengadili, menyatakan Febriansyah Puji Handoko terbukti melakukan perbuatan melawan hukum sesuai dakwaan Jaksa. Menjatuhkan pidana oleh karena itu pada terdakwa dengan pidana penjara selama 8 bulan dan denda 2 juta,” kata M. Safri, hakim PN Surabaya dalam sidang secara virtual diruangan sidang Kartika 2, Rabu (3/3/2021).

Atas putusan ini terdakwa Febriansyah melalui Penasehat Hukumnya Kusniartin Fatimah SH.MH mengatakan menerima. Hal itu diungkapkan ketika diberikan kesempatan oleh majelis untuk menyatakan sikapnya atas putusan yang sudah dijatuhkan.

“Bagaimana penasehat hukum terdakwa, anda saya berikan waktu selama 7 hari untuk menyatakan sikap, menerima, pikir-pikir atau menolak terhadap putusan ini dengan melakukan banding?” tanya hakim kepada Penasehat hukum terdakwa.

“Saya menerima yang mulia,” jawab Kusniartin dalam persidangan secara Teleconfrence.

Diketahui, pegawai outsourcing Telkomsel Febriansyah Puji Handoko sebelumnya dilaporkan Telkomsel ke Mabes Polri. Kasus tersebut sebelumnya viral setelah sebuah penggiat media sosial sekaligus wartawan Cokro TV Denny Siregar berteriak setelah data dirinya sebagai pelanggan Telkomsel bocor ke publik. [uci/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk