Hukum & Kriminal

Curanmor di Gresik Semakin Canggih, Begini Modusnya

Maling Motor; Foto/Ilustrasi

Gresik (beritajatim.com) – Kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di Kabupaten Gresik semakin canggih saja. Modus pelaku bergeser lagi, kali ini aksi mereka memantau sasaran dulu sebelum menjalankan aksinya.

Dari modus baru itu, semalam ada tiga motor amblas tak berjejak. Diduga, hingga kini para maling spesialis curanmor itu masih bebas berkeliaran mengincar pemilik motor yang lengah.

Pada Rabu (3/2/2021), motor Honda Vario Hitam W 3477 AV milik Mahrus Sholihan yang diparkir di kawasan Desa Yosowilangun Gresik Kota Baru (GKB) RT 03/RW 02 dibawa kabur oleh pelaku. “Motor saya hilang menjelang magrib. Padahal, saya tinggal sebentar untuk salat,” ujarnya, Kamis (4/1/2021).

Tidak ada jejak pelaku saat kejadian. Ada dugaan pelaku sudah lama mengincar atau memetakan kondisi di lapangan sebelum beraksi. “Sepertinya pelaku sudah sangat mahir, padahal kawasan ini juga ramai aktifitas,” kata Mahrus.

Kejadian yang sama juga dialami oleh Eni Wahyuni. Motor kesayangannya Honda Vario W 5361 CY amblas sewaktu diparkir di kediamannya, Dusun Sumber, Desa Kembangan Kecamatan Kebomas, Gresik. “Hilangnya saat subuh tadi. Motor saya parkir di teras rumah sudah tidak ada. Kejadian seperti ini harus ada penindakan serius biar tidak terulang lagi,” katanya.

Hal serupa juga dialami Edi Santoso. Motornya Honda Beat W 4203 LD yang diparkir di warkop Desa Campurejo Kecamatan Panceng, Gresik juga amblas. “Hilangnya habis ngopi, mau pulang. Lah kok motor tidak ada di parkiran,” katanya.

Saat itu lanjut Edi Santoso, kondisi warung berangsur sepi. Petugas parkir juga sudah pulang. Apesnya motor saya yang justru jadi incaran pencuri. “Sudah saya laporkan ke Polsek Panceng. Saya berharap segera ditindaklanjuti. Sebab, motor yang dicuri tersebut buat mencari nafkah,” pungkasnya. [dny/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar