Hukum & Kriminal

Congkel Jendela Rumah, Budi Hariadi Curi 2 Ponsel

Gresik (beritajatim.com) – Aksi pencurian dua ponsel yang dilakukan oleh tersangka Budi Hariadi (33) sangat licin. Pemuda asal Desa Pangkah Wetan, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik itu terlebih mencongkel jendela rumah Yasikun Mufiq sebelum melarikan diri.

Kasus pencurian ponsel ini berawal saat korban (Yasikun Mufiq) warga asal Desa Kebonagung, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik membeli cat rumah ke Desa Wadeng, Sidayu.

Saat ditinggal, rumahnya dalam kondisi kosong. Sewaktu sepi tak ada orang, Budi Hariadi memanfaatkan hal itu dengan cara mencongkel jendela rumah korban. Usai mencongkel, tersangka lalu masuk ke rumah dan melihat dua ponsel milik korban yang diletakkan di atas kasur.

Tanpa berpikir panjang, tersangka mengambil ponsel tersebut lalu melarikan diri melalui pintu garasi.

Setelah korban kembali ke rumah, langsung kaget melihat dua ponselnya yang diletakkan di atas kasur raib. Selanjutnya, korban melaporkan kejadian ini ke Polsek Ujungpangkah.

Kapolsek Ujungpangkah AKP Sudjito membenarkan adanya laporan pencurian ponsel.

“Kami langsung melakukan penyelidikan dan dibutuhkan waktu tiga minggu untuk mengungkap kasus ini,” ujarnya, Rabu (18/03/2020).

Berdasarkan penyelidikan di lapangan, lanjut Sudjito, ciri-ciri tersangka mengarah pada Budi Hariadi pemuda asal Desa Pangkah Wetan.

“Setelah ciri-ciri yang dicocokan benar. Kami langsung melakukan penggerebekan di rumah tersangka. Dari hasil penangkapan itu juga disita barang bukti ponsel,” ungkapnya.

Sementara itu, tersangka Budi Hariadi mengaku dirinya mencuri ponsel buat kebutuhan sehari-hari.

“Hasil dari mencuri ponsel untuk kebutuhan tiap hari,” tuturnya.

Atas perbuatannya itu, polisi menjerat tersangka dengan pasal 362 KHUP ancaman lima tahun penjara. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar