Hukum & Kriminal

Cerita Dibalik Video Viral Polsek Rungkut Tertibkan Parkir Liar di Minimarket yang Resahkan Warga Surabaya

Kapolsek Rungkut, Bambang Prakoso saat penertiban jukir liar di salah satu minimarket. (Foto/humas Polsek Rungkut)

Surabaya (beritajatim.com)  – Polsek Rungkut menertibkan parkir liar di sejumlah minimarket di Surabaya beberapa waktu lalu. Aksi yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Rungkut, Kompol Bambang Prakoso tersebut lantas viral dan mendapatkan apresiasi dari masyarakat.

Diwawancarai Beritajatim, Kompol Bambang Prakoso menceritakan jika sebenarnya pihaknya telah sering melakukan operasi untuk menumpas para jukir liar. Namun, ia heran videonya kemarin viral di media sosial. “Sudah sering giat tipiring (penertiban jukir liar) itu dilakukan, cuma kebetulan kemarin viral aja,” ujar Bambang mengawali pembicaraan, Rabu, (11/01/2023).

Bambang mengatakan, jika hampir tiap hari pihaknya mendapatkan keluhan masyarakat terkait parkir liar di sejumlah minimarket. Mereka Pun langsung merespon dengan mendatangi lokasi dan beberapa kali mendapati jukir liar. Namun, Polsek Rungkut baru bisa menindak para jukir liar di Minimarket karena telah melakukan pembayaran retribusi ke Pemerintah Kota Surabaya.

“Kalau tempat lain, kami perlu cari tahu dulu ke pelaku usaha, sudah bayar parkir berlangganan atau belum.Kan tempat usaha itu bisa menyediakan parkir gratis bagi pelanggan dengan membayar retribusi ke Pemerintah Kota,” imbuh Bambang.

Mantan Kasat Lantas Polres Bojonegoro ini kemudian bercerita jika banyak jukir liar yang bandel lantaran tergabung dalam paguyuban. Dari keterangan para jukir, mereka menyetor sebagian hasil parkirnya ke paguyuban.

Oleh sebab itu, pihaknya sering menerapkan aturan tindakan pidana ringan (tipiring) untuk membuat jera. “Tipiring cenderung denda. Tapi dengan situasi sekarang, tidak jera. Makanya harus banyak sabar petugasnya, kalau ada lagi ya kita kenakan Tipiring lagi,” ungkapnya.

Bambang menghimbau, agar masyarakat bisa menghubungi call center 112 dan 110 untuk melaporkan jukir liar. Secara khusus, pihak Polsek Rungkut menerima secara terbuka keluhan masyarakat terkait jukir liar.

“Secara umum Surabaya bisa menghubungi 110 atau 112 ke Pemkot, atau langsung ke Polsek Rungkut, silakan buka link di Instagram Polsek Rungkut itu sudah ada nomor saya, nomor bhabin dan piket,” pungkasnya. (ang/kun)

 

Apa Reaksi Anda?

Komentar